Share

Kisah Unik Wanita Tertinggi di Dunia Pertama Kali Terbang 13 Jam dari Turki ke Amerika

Dita Mawanda, Jurnalis · Rabu 16 November 2022 04:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 406 2708257 kisah-unik-wanita-tertinggi-di-dunia-pertama-kali-terbang-13-jam-dari-turki-ke-amerika-wMCGK8iIdm.jpg Rumeysa Gelgi saat naik pesawat untuk pertama kalinya (Instagram @rumeysagelgi)

RUMEYSA Gelgi yang dijuluki sebagai wanita tertinggi di dunia menggambarkan pengalaman pertamanya naik pesawat. Maskapai Turkish Airlines yang membawanya harus melepaskan enam kursi untuk memberi ruang kepada perempuan asal Turki berusia 25 tahun dengan tinggi badan 215 cm.

Pada 28 September 2022, Turkish Airlines menerbangkan Gelgi dari Istanbul ke San Francisco, Amerika Serikat dengan penerbangan TK-79, menandai kali pertama pemegang Rekor Dunia Guinness sebagai wanita tertinggi di dunia itu mengudara.

Kondisi tubuh Gelgi yang sangat tinggi ini diketahui karena kondisi tulang genetik langka yang disebut sindrom Weaver, memuji maskapai tersebut di Instagram setelah layanan 13 jam yang sukses, ia sekaligus berterima kasih kepada staf maskapai dan tim medis yang telah membantunya.

“Perjalanan tanpa cela dari awal hingga akhir dengan @turkishairlines,” tulis Gelgi dalam postingannya seperti dilansir dari Traveller, Selasa (15/11/2022).

Lanjutnya ia menulis, “Saya tidak mendapat kesempatan untuk mengetahui nama banyak orang yang membantu saya dengan kebaikan, dan dedikasi mereka selama 13 jam di udara. Total sekitar 19 jam dan menyelenggarakan perayaan ‘penerbangan pertama’ di atas awan.”

Ilustrasi

Wanita tertinggi di dunia itu menyimpulkan, jika ini merupakan perjalanan udara pertamanya tetapi bukan juga yang terakhir. Mulai sekarang, ia akan menjadi kehormatan dan kesenangan besar untuk terbang ke berbagai belahan dunia dengan Turkish Airlines.

Beberapa foto penerbangan bersejarah bagi Gelgi yang menunjukkan dirinya berada di dalam pesawat, berbaring di atas tandu dengan kursi-kursi telah dilepas untuk mengakomodasi perawakan yang lebih panjang. Di dalam rangkaian gambar itu, Gelgi disuguhi kue perayaan untuk menandai kesempatatan tersebut.

Turkish Airlines mengatakan kepada Traveller, jika kondisi Gelgi memang memerlukan beberapa tindakan unik.

“Sebuah tandu dipasang di pesawat untuk penumpang kami yang tidak dapat melakukan perjalnanan dengan duduk lama karena skoliosis, dan dengan dukungan khsusus dari tim ground handling kami, penumpang kami dibawa ke pesawat dan melakukan perjalann dengan tandu,” tutur Turkish Airlines.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Turkish Airlines menambahkan, pemberian kue kejutan ini disajikan kepada Gelgi dan keluarganya oleh awak kabin mereka dan dukungan khusus diberikan selama perjalanan Gelgi beserta keluarga.

Advokat disabilitas dan pembicara publik yang telah memiliki pengikut sekitar lebih dari 36 ribu di Instagram, bepergian ke Amerika Serikat selama enam bulan untuk bekerja dengan Guinness World Records.

Ya, Gelgi telah memperoleh gelar rekor dunia sejak ia remaja. Selain itu, gelarnya saat ini meliputi jari terpanjang wanita hidup, tangan terbesar wanita hidup, dan punggung terpanjang wanita hidup. Kondisi wanita asal Turki ini membuat dirinya harus memakai kursi roda dan alat bantu jalan karena masalah mobilias.

Seminggu lalu, Gelgi sempat berbagi kebahagiaannya saat tampil dalam edisi terbaru Rekor Dunia Guinness tahun 2023 bersama para pengikutnya di Instagram.

“INI ADALAH SERI BUKU TERLARIS SEPANJANG MASA, DAN SAYA ADA DI DALAMNYA!” tulisnya dengan huruf besar semua, di samping klip singkat saat ia tengah memamerkan buku yang dimaksud.

Tertulis lagi oleh Gelgi, “@guinnessworldrecords dengan baik hati mendedikasikan DUA halaman penuh untuk cerita dan judul rekaman saya, juga memberikan saya tempat ilustrasi sampul. Mimpi yang luar biasa!”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini