Share

Mengapa Amerika Dijuluki Benua Merah? Simak Penjelasannya

Nurul Amanah, Jurnalis · Rabu 16 November 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 406 2708279 mengapa-amerika-dijuluki-benua-merah-simak-penjelasannya-Kwv4jwVzHj.jpg Suku Indian Amerika (Foto: NPS.gov)

AMERIKA sering dijuluki sebagai benua merah, kenapa? Amerika merupakan benua terbesar kedua di dunia setelah Asia. Luasnya mencapai 42.057.100 km2.

Benua Amerika terletak pada koordinat 170° BT–35° BB dan 83° LU – 55° LS. Batasnya ialah Samudra Arktik di utara, Laut weddel, Samudra Pasifik di barat.

 BACA JUGA:Ternyata Ini Lho Penyebab Suku Asmat Begitu Terkenal di Dunia

Sebutan sebagai benua merah yang ditabalkan pada Amerika karena benua tersebut terdapat bangsa Indian. Orang Indian sebenarnya tidak berkulit merah. Tapi, kulit mereka terlihat merah karena suku Indian suka melumuri kulit dengan cat berwarna merah.

 

Pertanyaan lain pun muncul, mengapa merah? Lagipula, mengapa suku Indian suka melumuri kulit dengan warna merah?

 BACA JUGA:Mengenal Suku Bali Aga, Penduduk Pertama yang Mendiami Pulau Dewata

Ada dua kemungkinan mengapa orang India mulai mengidentifikasi diri mereka sebagai "merah". Pertama, "merah" mungkin merupakan respons Suku Indian untuk bertemu dengan orang-orang baru yang menyebut diri mereka "putih" untuk membedakan diri dari "hitam" atau "Negro".

Kedua, beberapa orang Indian mungkin menganggap diri mereka "merah" atau disebut demikian oleh orang Indian lain sebelum kedatangan orang Eropa.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Dalam berbagai situasi, "merah" adalah kategori logis bagi orang-orang /suku Indian untuk mengklaim diri mereka sendiri, ketimbang harus mengklaim sebagai "putih" atau hitam" sehingga kemudian, "merah" pun menjadi label atau titel untuk semua orang Indian.

 Ilustrasi

Jadi karena itulah, benua Amerika yang notabene didiami oleh Suku Indian disebut benua merah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini