Share

5 Julukan Dimiliki Kota Bogor, Nomor 4 Masuk Guinness Book of World Record

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 16 November 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 408 2708297 5-julukan-dimiliki-kota-bogor-nomor-4-masuk-guinness-book-of-world-record-A1UEk0yGFH.jpg Alun-Alun Kota Bogor (Foto: Okezone.com/Putra RA)

BOGOR di Jawa Barat sering dijuluki sebagai Kota Hujan. Ternyata ini bukan satu-satunya julukan dimiliki Bogor. Ada lima julukan yang sering ditabalkan pada Kota Bogor. Apa saja?

Bogor merupakan destinasi wisata favorit masyarakat Jabodetabek. Selain memiliki bentangan alam yang indah, Bogor juga kaya akan nilai sejarah, dan kuliner yang menggoyang lidah. Tak heran jika banyak orang yang betah berlama-lama di Bogor.

Terlepas dari itu, Bogor rupanya memiliki sejumlah julukan. Berikut 5 julukan untuk Kota Bogor.

 BACA JUGA:5 Villa dengan Private Pool di Bogor, Cocok Buat Liburan Bareng Orang Tersayang

1. Kota Hujan

Bogor memang sudah sangat populer dijuluki sebagai kota hujan. Kota ini mendapatkan julukan sebagai kota hujan karena curah hujannya yang memang lebih tinggi daripada wilayah Indonesia lainnya.

Salah satu faktor yang membuat curah hujan di Kota Bogor lebih tinggi adalah karena kota ini dikelilingi oleh beberapa gunung, yakni Gunung Salak, Gunung Pangranngo, dan Gunung gede.

2. Kota Seribu Angkot

Dilansir dari laman Hima PWK ITS, Bogor juga menyandang julukan kota seribu angkot. Alasan di balik pemberian julukan ini adalah karena banyaknya angkot (angkutan antar kota) yang berlalu lalang di jalanan Bogor. Tak jarang angkot-angkot ini membuat jalanan macet.

 BACA JUGA:40 Tempat Wisata di Bogor yang Hits dan Terbaru Wajib Dikunjungi

3. Kota Jajanan

 

Cukup banyak orang yang setuju jika Bogor kaya akan jajanan yang menggugah selera dan sangat variatif. Tak lengkap rasanya jika ke Bogor namun tidak mencicipi makanan khasnya, seperti cungkring, asinan bogor, bir kocok, dan lain-lain.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Kota Petir

Siapa sangka jika Kota yang indah ini juga dijuluki sebagai kota petir. Julukan tersebut melekat pada Bogor karena dalam satu hari sambaran petirnya bisa mencapai 322 kali. Dimana normalnya sambaran petir hanya 80 kali sehari. Rekor tersebut bahkan tercatat di dalam Guinness Book of World Record.

 Ilustrasi

5. Kota Buitenzorg

Pada zaman dahulu ketika Indonesia masih di bawah penjajahan Belanda, Bogor disebut sebagai Kota Buitenzorg. Buitenzorg sendiri memiliki arti “tempat yang nyaman dan tentram”.

Demikian 5 Julukan untuk Kota Bogor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini