Share

10 Kesalahan Pelancong dan Cara Mengatasinya Selama Perjalanan Udara Jarak Jauh

Dita Mawanda, Jurnalis · Rabu 16 November 2022 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 406 2708617 10-kesalahan-pelancong-dan-cara-mengatasinya-selama-perjalanan-udara-jarak-jauh-pErwhAmjzj.jpg Ilustrasi Penerbangan (Foto: Suhyeon Choi/Unsplash)

BEBERAPA dari Anda mungkin pernah mengalami penerbangan jarak jauh sehingga perlu melakukan hal-hal tertentu untuk menghabiskan waktu perjalanan selama di pesawat. Namun, Anda juga perlu memahami apa yang tidak dan boleh dilakukan penumpang selama berada di pesawat untuk penerbangan jarang jauh.

Melansir Huffpost, terkait hal ini pakar perjalanan berbagi kesalahan umum yang dilakukan para pelancong terkait penerbangan jarak jauh dan disarankan untuk menghindari hal tersebut, yang telah Okezone rangkum untuk Anda.

Ilustrasi penerbangan udara, Foto: Suhyeon Choi/Unsplash

1. Mengenakan pakaian tidak nyaman

Anda perlu menghindari pakaian berat atau ketat, sebagai gantinya pilih kain lembut dan pakaian elastis untuk kenyamanan Anda selama duduk di kursi pesawat. Mengenakan lapisan sangat membantu untuk suhu kabin yang berubah-ubah, serta kenakan kaus kaki kompresi untuk kesehatan dan kenyamanan selama penerbangan jarak jauh.

2. Memilih tempat duduk di dekat toilet

Memilih tempat duduk dapat membuat perbedaan besar Anda dalam kualitas pengalaman penerbangan. Jika Anda mencari waktu lebih tenang, pertimbangkan untuk memilih kursi yang tidak berada di area dengan lalu lintas tinggi.

“Duduk di dekat kamar kecil mungkin terdengar nyaman, tetapi tidak pernah menyenangkan berada di baris itu saat antrean terbentuk di luar kamar kecil,” kata Paul Jacobs, manajer umum dan wakil presiden di Kayak Amerika Utara.

3. Melihat jam

“Panci yang diawasi tidak pernah mendidih”, sebuah pepatah yang mengartikan waktu akan tampak bergerak jauh lebih lambat selama penerbangan pajang, jika Anda terus menatap jam.

Brogan menyarankan, "Begitu Anda berada di pesawat, atur jam tangan Anda ke waktu di mana Anda akan mendarat, tetapi cobalah untuk tidak melihatnya dan menghitung mundur jamnya."

4. Lupa memeriksa ulang opsi upgrade

Saat melakukan check-in pesawat, jangan lupakan untuk memeriksa opsi peningkatan kursi Anda secara online.

“Saya selalu check-in segera setelah opsi tersedia 24 jam sebelum waktu penerbangan melalui aplikasi maskapai,” kata Beckford, ia melanjutkan jika Anda melihat opsi kursi yang tersedia seringkali pada hari penerbangan, peningkatan biaya akan dikurangi secara drastis.

5. Tidur hal penting

Ketika Anda berencana untuk tidur selama penerbangan jarak jauh, jangan lupa untuk membawa penutup telinga yang bagus atau headphone peredam bising. Selain itu, masker tidur yang baik, mencari bantal leher yang bagus sebelum terbang, seperti saran Dengler.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Terbang tanpa hiburan

“Sebelum penerbangan Anda, unduh film, musik, atau podcast ke perangkat Anda seperti ponsel, iPad, atau laptop dan pastikan perangkat terisi penuh sebelum bepergian sehingga Anda memiliki pilihan hiburan yang terjamin,” kata Brogan.

Hal ini dilakukan, karena bisa saja hiburan dalam penerbangan tidak berfungsi dengan baik. Bagi Anda yang suka membaca, bisa membawa buku atau majalah, bisa juga membuat teka-teki silang untuk hiburan.

7. Mengabaikan pilihan kursi

Pastikan Anda memilih kursi terlebih dahulu, jangan sampai Anda terjebak di kursi tengah dalam penerbangan panjang.

“Pilih tempat duduk dekat jendela jika Anda berencana untuk tidur,” kata Dengler, ia melanjutkan jika Anda ingin merasa lebih nyaman dengan ruang kaki ekstra bisa untuk membayar ekstra kursi baris keluar. Hal itu tergantung lamanya Anda dalam penerbangan, dan apakah Anda berencana untuk tidur atau tidak.

8. Boarding tanpa rencana

Dengler menjelaskan, penting untuk Anda mengetahui apa yang akan Anda lakukan dalam penerbangan. Apakah selama penerbangan Anda akan tidur atau pada siang hari Anda harus tetap sibuk.

9. Mengandalkan makanan pesawat

Menyiapkan makanan Anda sendiri adalah cara yang tepat jika mendapati pejalanan udara yang panjang.

“Saya selalu membawa makanan ringan sendiri dalam penerbangan jarak jauh, dan saya tidak pernah menyesalinya,“ imbuh Dengler, lanjutnya, pilihan makananan bisa terbatas sehingga dengan membawa makanan pribadi, Anda bisa menikmatinya kapan pun.

10. Mengabaikan perawatan diri

“Bangun untuk berjalan-jalan dan melakukan peregangan setiap beberapa jam. Kaki Anda akan berterima kasih begitu Anda tiba!” kata Brogan.

Jangan lupa untuk tetap meminum air mineral dan vitamin, atau obat apa pun yang menjadi bagian dari rutinitas keseharian Anda sehingga membuat tubuh Anda lebih baik bahkan jika melakukan apa yang Anda bisa untuk menjaga diri sendiri selama proses transit.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini