Share

10 Barang yang Sebaiknya Tidak Dijadikan Oleh-Oleh saat Traveling, Apa Saja?

Dita Mawanda, Jurnalis · Kamis 17 November 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 406 2708940 10-barang-yang-sebaiknya-tidak-dijadikan-oleh-oleh-saat-traveling-apa-saja-JlOgJY8j1P.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

BEPERGIAN ke suatu destinasi rasanya belum lengkap jika tidak membawa pulang oleh-oleh. Beberapa barang atau sekedar jajanan ringan mungkin akan menarik perhatian Anda untuk membelinya.

Namun, perhatikan kembali bahwa tidak semua pembelian selama perjalanan layak dijadikan buah tangan. Terkadang Anda akan mengalami risiko lebih besar membawa barang-barang tersebut atau setidaknya tambah merepotkan.

Melansir dari Huffpost, pakar perjalanan ternama membagikan hal-hal yang tidak perlu Anda beli dalam perjalanan untuk kemudian dijadikan oleh. Apa saja?

1. Sepatu

Barang yang satu ini cenderung mengambil terlalu banyak ruang di bagasi Anda. Jika Anda merupakan pengepak yang berlebihan, seorang pakar perjalanan dan pembawa acara “The Gaycation Travel Show” Ravi Roth menyarankan hal ini.

“Namun, Anda selalu dapat mengemas sepasang sepatu yang nyaman untuk Anda tinggalkan di tempat tujuan sebagai ganti sepasang sepatu baru. Maka itu adalah win-win!” katanya.

 Ilustrasi

Sepatu mahal

2. Breakables

Barang kedua yang mudah pecah, hindari pembelian barang jenis ini karena hanya akan membawa risiko merusak pakaian Anda di dalam koper apalagi hanya demi sebotol anggur merah, tanggapan Roth.

3. Headphones

Headphone merupakan barang yang cukup mahal baik di bandara maupun di toko turis, maka dari itu hindari ketika Anda bepergian untuk membeli barang mahal yang satu ini, kata Gabby Beckford, pendiri situs perjalanan Packs Light mengingatkan,

 BACA JUGA:6 Oleh-Oleh Khas London Paling Populer, Sering Diboyong Traveler

4. Food atau berbagai produk alami

“Jangan repot-repot membawa pulang selai, daging, keju, atau makanan mudah rusak lainnya,” kata Paul Jacob, manajer umum dan wakil presiden di Kayak Amerika Utara.

 Ilustrasi

Daging

Ia melanjutkan, jika hal tersebut tidak sebanding dengan kerumitan di bea cukai. Kemudian, Beckford ikut menanggapi bahwa dirinya memang menyukai souvenir fungsional (bumbu, aksesoris, buku catatan, pakaian, dan lain-lain), tetapi ia akan membelinya di bandara untuk memastikan keamanan bandara disetujui.

5. Heavy item

“Jika Anda ingin menghindari biaya tambahan, cobalah untuk tidak membeli barang berat yang dapat mendongkrak berat koper Anda,” ucap Casey Brogan, pakar perjalanan konsumen di Tripadvisor.

Sehingga, jika Anda mendaftarkan tas, pastikan mengingat batas berat maskapai penerbangan Anda dan berapa berat tas terdaftar Anda sebelum lepas landas.

6. Deodoran atau losion baru

Anda rutin memakai deodoran atau losion, hindari untuk sengaja membeli kedua barang ini saat Anda bepergian karena dapat menyebabkan iritasi karena tidak cocok di kulit Anda, kata Jacobs.

Follow Berita Okezone di Google News

7. Generic tchotchkes atau pernak-pernik

“Saya mencoba membawa pulang lebih sedikit barang daripada biasanya, dan saya mencoba menghindari barang=barang yang bisa Anda dapatkan di mana saja, seperti tchotchkes atau souvenir generik,” kata Laura Ratliff, direktur editorial senior di TripSavvy.

Lanjutnya, kemas barang-barang yang memiliki tempat sebenarnya di tas atau koper bawaan. Serta, pastikan Anda memeriksa pedoman untuk membawa barang-barang jenis tersebut melalui bea cukai.

8. Barang berharga

Barang berharga yang dimaksud ini, seperti perhiasan atau barang-barang yang menarik risiko kehilangan atau pencurian. Ada baiknya untuk mempertimbangkan pembelian barang tersebut menurut Brogan

 Ilustrasi

9. Souvenir dengan markup berat

Souvenir memang menarik siapapun para pelancong termasuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh yang berat dengan harga lebih murah. Selain itu, oleh-oleh yang berat ini mungkin tidak terlalu mahal tetapi juga bisa menjadi beban untuk dibawa kemana-mana dan mengambil banyak ruang bagasi Anda.

Maka dari itu, Dengler menyarankan agar Anda membeli oleh-oleh berat ini sebelum atau sesudah perjalanan Anda. Ketika membelinya, pastikan Anda membeli souvenir tidak di tempat strategis titik wisata itu berada karena Anda bisa mendapatkan harga cukup tinggi.

10. Daya bandara

“Melupakan pengisi daya ponsel saat bepergian bisa jadi mahal. Sementara bandara memang menjual pengisi daya, harganya sangat tinggi,” ujar Dengler.

Oleh karena itu, jika memungkinkan, beli pengisi daya baru di toko lokal setelah tiba di tempat tujuan. Dengler juga merekomendasikan Anda untuk memiliki daftar kemasan yang baik dan selalu menyertakan barang elektronik penting, seperti pengisi daya ponsel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini