Share

Benarkah Tidak Mematikan Ponsel Selama Penerbangan Bisa Bikin Pesawat Jatuh? Simak Penjelasannya

Prisca Arianto, Jurnalis · Jum'at 18 November 2022 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 406 2709745 benarkah-tidak-mematikan-ponsel-selama-penerbangan-bisa-bikin-pesawat-jatuh-simak-penjelasannya-T3bV5cPvbA.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

PENGGUNAAN ponsel di pesawat telah banyak diperdebatkan karena industri penerbangan berupaya mengikuti teknologi yang terus berubah. Lazimnya, saat naik pesawat pramugari selalu meminta penumpang agar menon-aktifkan ponsel atau mengganti ke mode pesawat selama penerbangan.

Tetapi, apa yang terjadi jika Anda tidak mengikuti petunjuk tersebut?

Jika memulai dari alasan awal, untuk masalah keamanan potensial menjadi fakta bahwa ketika Anda berada lebih dari 10.000 kaki di udara, sinyal ponsel Anda memantul dari beberapa menara dan mengirimkan sinyal yang lebih kuat.

Ini adalah sesuatu yang mungkin membuat jaringan di lapangan menjadi padat. Tapi, tidak pernah ada kasus ponsel yang menyebabkan pesawat jatuh.

''Telepon belum tentu menjatuhkan pesawat, bahkan bukan itu masalahnya,'' kata mantan insinyur Boeing, Kenny Kirchoff seperti dilansir dari Travel and Leisure, Kamis (17/11/2022).

 

Masalahnya adalah, ketika menggunakan ponsel saat berada dalam pesawat menyebabkan lebih banyak pekerjaan untuk pilot selama penerbangan. Ketika pilot lepas landas dan mendarat, itu adalah fase dimana seorang pilot membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi.

Namun, dengan kemajuan teknologi modern, peraturan ini menjadi lebih usang. Faktanya, pada tahun 2014 Badan Keselamatan Penerbangan Eropa mengatakan bahwa perangkat elektronik tidak menimbulkan risiko keselamatan, meskipun maskapai penerbangan harus membuktikan sistem mereka agar tidak terpengaruh oleh sinyal ponsel.

Bahkan, banyak maskapai penerbangan telah mengizinkan panggilan dalam penerbangan, seperti AeroMobile dan On Air.

Meski begitu, Badan Penerbangan Federal Amerika Serikat atau FAA masih melarang komunikasi suara di ponsel. “Komunikasi suara di ponsel dilarang oleh aturan FAA dan FCC,” kata Elizabeth Isham Cory, dari kantor Komunikasi Eksternal atau Hubungan Publik FAA, kepada Travel and Leisure .

 

Follow Berita Okezone di Google News

FAA melarang penggunaan ponsel untuk alasan keamanan, dan melarang apapun yang dengan sengaja memancarkan sinyal, termasuk ponsel yang digunakan untuk komunikasi suara.

Sekalipun maskapai penerbangan menunjukkan bahwa panggilan telepon tidak menyebabkan interferensi elektronik, tetapi ponsel tetap menyebabkan interferensi elektronik.

Meski demikian, sebuah studi yang dilakukan oleh FAA pada tahun 2012 menyimpulkan bahwa "otoritas penerbangan sipil melaporkan tidak ada kejadian terkonfirmasi dari telepon seluler yang mempengaruhi keselamatan penerbangan di pesawat dengan stasiun pangkalan telepon seluler di dalam pesawat."

Ilustrasi

BTS miniatur ini disebut picocells, dan mereka memberi penumpang kemampuan untuk menggunakan ponsel tanpa mempengaruhi instrumentasi di pesawat.

Namun, aturan FCC saat ini tetap melarang penggunaan ponsel di pesawat, guna melindungi dari interferensi radio ke jaringan ponsel di darat. Sekalipun teknologi yang bisa dipasang langsung di pesawat kini sudah tersedia, dan dapat mencegah gangguan tersebut bahkan telah berhasil digunakan di berbagai negara di seluruh dunia tanpa insiden.

Kebanyakan penumpang melihat ini sebagai gangguan daripada manfaat perjalanan. Padahal, peraturan ini dibuat untuk keamanan bersama agar selamat sampai tujuan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini