Share

Spesifikasi BBJ2, Pesawat Kepresidenan RI yang Disorot karena Paling Imut di Antara Jet G20

Andini Putri Nurazizah, Jurnalis · Sabtu 19 November 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 406 2710252 spesifikasi-bbj2-pesawat-kepresidenan-ri-yang-disorot-karena-paling-imut-di-antara-jet-g20-4WMmAtmsJo.jpg Pesawat Kepresidenan RI (Okezone.com/Heru)

MENGULAS spesifikasi BBJ2, Pesawat Kepresidenan RI yang jadi sorotan publik karena terlihat paling imut di antara pesawat para pimpinan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 15-16 November 2022.

Setidaknya ada 13 pesawat delegasi KTT G20 dari berbagai negara yang sempat parkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Tapi, ada satu pesawat milik Indonesia yang mencuri perhatian.

Adalah pesawat Boeing 737-800 BBJ2 dengan nomor seri A-001 atau “Indonesia One” yang mengangkut Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana menuju Bali. Pesawat tersebut mencuri perhatian masyarakat karena ukurannya yang mungil dan nyelip di antara pesawat pemimpin dunia lainnya.

Indonesia One sendiri mulai beroperasi pada tahun 2014 lalu, dan merupakan pesawat Boeing jenis BBJ2 (Boeing Business Jet 2) yaitu sebuah produk gabungan dari perusahaan Boeing dan General Electric, yang diperkenalkan pada tahun 2001.

Pesawat ini secara legal berada di bawah kepemilikan Sekretariat Negara RI dan dioperasikan oleh TNI Angkatan Udara.

Walaupun terbilang mungil dengan spesifikasi tinggi pesawat 12,3 meter, panjang 39,5 meter, dan bentangan sayap 35,9 meter, pesawat jenis ini justru sangat gesit karena memiliki pembangkit listrik yang kuat, serta ditenagai oleh dua mesin General Electric/Snecma (CFMI) CFM56-7.

Kedua mesin tersebut masing-masing menghasilkan daya dorong sebesar 27.300 lbs. Dan mampu menempuh jarak 5.750 perjalanan mil laut dengan kecepatan 0,82 Mach. Selain itu pesawat juga tidak akan khawatir kekurangan bahan bakar, karena BBJ2 memiliki 9 tangki bahan bakar tambahan.

Dengan kemampuan itulah, pesawat BBJ2 lebih dari cukup untuk menjangkau seluruh pelosok Tanah Air, maupun tugas kepresidenan di berbagai negara.

Follow Berita Okezone di Google News

Pesawat ini juga memiliki kokpit berteknologi canggih, yang dilengkapi dengan sistem avionik digital Honeywell dengan triple IRS dan komputer data udara digital ganda. Panel ini berpusat di sekitar enam tampilan LCD EFIS layar besar. Adapun yang lainnya mencakup FMS ganda, Rockwell Collins Series 900 VHF comm/nav ganda dengan DME, HF comms, ADF, GPS, MLS dan radar cuaca WXR-700X.

Kabin BBJ2 juga terbilang luas karena memiliki panjang 29,49 meter, lebar 3,51 meter, dan tinggi 2,13 meter, sehingga mampu menampung sekitar 60 penumpang.

Ilustrasi

Selain itu, pesawat Indonesia One juga memiliki interior yang terdiri dari sebuah meeting room VVIP, kursi staf, dan beberapa kursi untuk kru kabin.

Oleh karena itu walaupun berukuran kecil, Indonesia One memiliki warna yang terbilang mencolok dan berbeda dari pesawat negara lainnya yang didominasi dengan warna putih.

Dengan warna merah terang di bagian atas pesawat, mulai dari kepala sampai badan belakang pesawat, serta warna putih untuk bagian badan bawah dan ekor pesawat, menjadi ciri khas dari bendera Indonesia yaitu merah putih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini