Share

Inilah Kalimat Paling Dihindari Pilot saat Umumkan Pesawat dalam Bahaya

Najwa Avifah Octavia, Jurnalis · Sabtu 19 November 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 406 2710304 inilah-kalimat-paling-dihindari-pilot-saat-umumkan-pesawat-dalam-bahaya-BJloGC07Fp.JPG Ilustrasi (Foto: Readerdigest)

MANTAN captain pilot maskapai British Airways, Tim Pottage membagikan beberapa rahasia kokpit, terutama tentang arti sebenarnya dari pengumuman mereka.

Bahkan cara mereka mengutarakan sesuatu terdapat perbedaan yang sangat besar untuk menjaga ketenangan para penumpang.

Mereka tidak akan pernah memulai kalimat dengan 'saya takut' jika pilot tiba-tiba menginformasikan kabar buruk.

"Seandainya seorang penumpang yang cemas menguncinya dan berkata kepada tetangganya, dan berkata apakah Anda mendengar itu? Ya Tuhan, pilotnya ketakutan," kata Pottage melansir The Sun.

Infografis Turbulensi Pesawat

"Pilot biasanya berhati-hati dan menenangkan atas apa yang mereka katakan kepada penumpang, untuk memberikan informasi, tetapi bukan alarm," tambahnya.

Ia juga menjelaskan bagaimana pilot memastikan mereka tidak menakut-nakuti penumpang jika terjadi badai atau turbulensi di depan kemudi.

"Saya akan menggunakan frasa 'sedikit cuaca’ sebagai istilah umum non-spesifik untuk hal seperti itu, sedikit penundaan dengan sedikit kemungkinan pengalihan, lima dari 10 pada skala cuaca," tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Seorang mantan pilot, John Greaves juga menunjukkan cara mengetahui apakah ada turbulensi tanpa pemberitahuan.

Infografis Pesawat

John menjelaskan bahwa jika Anda pernah mendengar seorang pilot meminta awak kabin untuk duduk, itu pertanda adanya turbulensi di depan.

Turbulensi biasanya tidak berbahaya dan kecil risiko penumpang terluka saat turbulensi terjadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini