Share

Daftar Negara di Dunia yang Masih Tertutup bagi Turis karena COVID-19

Prisca Arianto, Jurnalis · Sabtu 19 November 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 406 2710429 daftar-negara-di-dunia-yang-masih-tertutup-bagi-turis-karena-covid-19-tmp0d3ogi3.JPG Tembok Besar China (Foto: Canva/Euronews)

SETELAH dua tahun pembatasan yang ketat dan penutupan pintu masuk di berbagai negara di dunia karena pandemi COVID-19, kini perjalanan mulai longgar menyerupai 'normal' pra pandemi.

Namun, beberapa negara masih menutup diri dari kunjungan turis, sekalipun sertifikasi vaksinasi pengujian hingga penutupan perbatasan di menit-menit terakhir telah mematuhi aturan yang ketat.

Tapi tahun ini, air pasang telah berubah. Selama beberapa bulan terakhir 30 negara telah menghapus aturan masuk mereka yang tersisa. Meskipun, 109 negara masih memiliki beberapa pembatasan perjalanan, 118 sepenuhnya terbuka setidaknya untuk pelancong yang divaksinasi yang menjadi fokus di sini.

Melansir dari Euronews, beberapa negara masih menutup perbatasan sekalipun untuk pelancong yang divaksinasi. Bahkan, memiliki aturan COVID paling ketat untuk pelancong yang divaksinasi.

 BACA JUGA:Jangan Lupa Bawa Payung, Ini 5 Tempat Wisata Pas Dikunjungi saat Musim Hujan

Berikut daftarnya :

Negara yang memiliki aturan COVID paling ketat untuk pelancong sekalipun sudah divaksinasi.

China

China merupakan salah satu negara yang masih memblokir wisatawan untuk masuk. China juga masih menjalankan kebijakan 'nol-COVID', sehingga semua pelancong yang masuk menghadapi karantina hotel selama 10 hari dengan dikenakan biaya sendiri. Mereka yang masuk juga harus dites negatif pada saat kedatangan.

Ilustrasi

Turis saat ini tidak diizinkan. Namun, menurut draf dokumen kebijakan yang dirilis oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China pada bulan September, grup tour yang diselenggarakan oleh agen perjalanan akan segera diizinkan.

Nauru

Semua pelancong harus mengisolasi diri sampai tes PCR memberikan hasil negatif. Jika positif, harus dikarantina selama 14 hari.

Turkmenistan

Negara ini melarang semua pelancong asing masuk.

 BACA JUGA:Pesona Gunung Api Jaboi Sabang, Geowisata Unik yang Memikat Hati Wisatawan

Korea Utara

Semua pelancong asing dilarang masuk,bahkan peraturan ini sudah ditetapkan sebelum pandemi Covid-19.

Negara yang masih diperlukan karantina untuk pelancong yang divaksinasi dan dites positif?

 

Di beberapa negara, pelancong yang divaksinasi masih harus dikarantina, tetapi hanya wajib bagi mereka yang dinyatakan positif pada tes COVID pada saat kedatangan, diantaranya:

 

Indonesia

 

Myanmar

Nepal (hanya wisatawan bergejala yang diwajibkan melakukan tes)

Bangladesh (hanya wisatawan bergejala yang diwajibkan melakukan tes)

Iran (diperlukan tes pra-penerbangan)

Follow Berita Okezone di Google News

Burundi

 

Kongo

 

Kamerun

 

Burkina Faso

 Ilustrasi

Mali (hanya wisatawan bergejala yang diwajibkan untuk melakukan tes)

Mauritania (karantina 10 hari jika hasil tes Anda positif)

Venezuela

Taiwan

Negara-negara ini memiliki berbagai alasan untuk mempertahankan perbatasan. Di beberapa negara, peluncuran vaksin terhenti karena kurangnya dosis yang tersedia. Di Burundi, misalnya, kurang dari satu persen populasi telah menerima dua dosis suntikan.

Negara-negara di mana pelancong yang tidak divaksinasi masih dilarang sepenuhnya

Amerika Serikat

Cina

Indonesia

Selain itu, beberapa negara masih mewajibkan pelancong yang tidak divaksinasi untuk karantina, atau memberikan hasil tes negatif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini