Share

10 Tempat Wisata Paling Populer di Cianjur, Pusat Gempa Dahsyat M 5,6

Prisca Arianto, Jurnalis · Selasa 22 November 2022 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 408 2712446 10-tempat-wisata-paling-populer-di-cianjur-pusat-gempa-dahsyat-m-5-6-QEEQkWU3Qz.jpg Curug Citambur di Cianjur, Jawa Barat (Foto: Instagram @hharruuunnn)

MENGENAL 10 tempat wisata paling populer di Cianjur. Kabupetan Cianjur, Jawa Barat tengah berduka akibat diguncang gempa bermagnitudo 5,6 pada Senin 21 November 2022 siang. Sedikitnya 162 orang meninggal dunia dan ribuan bangunan rusak.

Cianjur selama ini dikenal sebagai salah satu daerah penghasil beras berkualitas terbaik dan punya banyak tempat wisata yang sering dikunjung wisatawan.

Sebagian besar wilayah Cianjur merupakan pegunungan. Wisata alam dengan pemandangan menarik jadi andalan sebagai pilihan liburan menyenangkan untuk Anda dan keluarga di Cianjur.

Mulai dari pantai, gunung, danau hingga tempat-tempat keren yang instagramable lainnya, tak heran tiap akhir pekan maupun hari libur banyak wisatawan yang datang ke Cianjur.

 BACA JUGA:Sandiaga: Belum Ada Laporan Kerusakan Destinasi Wisata Akibat Gempa Cianjur

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan belum ada laporan ada kerusakan destinasi wisata akibat gempa di Cianjur.

“Kita sangat prihatin, sebagai destinasi wisata unggulan, Sukabumi dan Cianjur pasti akan terdampak. Tapi kami belum mendapatkan laporan detail destinasi yang sudah melaporkan kerusakan dan korbannya," katanya kepada media.

Anda berencana liburan ke Cianjur? Berikut rekomendasi tempat wisata Cianjur yang populer untuk dikunjungi.

Pantai Jayanti

Pantai Jayanti berjarak sektiar 139 km dari pusat kota Cianjur. Tepatnya ada di Jalan Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun. Pantai dengan sejuta keindahan ini memang terbilang asri dan alami, karena belum banyak tersentuh oleh wisatawan dan polesan industri pariwisata setempat.

 Ilustrasi

Pantai Jayanti di Cianjur

Di balik kesederhanaan pantai ini ada pasir putih yang cukup panjang dengan deburan ombak. Bagi Anda para pecinta sunset, di pantai ini juga terdapat panorama sunset yang bisa Anda nikmati dan sayang kalau dilewatkan.

Curug Citambur

Memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 100 meter, curug Citambur mempunyai banyak keunikan seperti debit airnya yang deras dan berlimpah. Berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasirkuda. Adanya debit air yang deras dan pemandangan alam yang hijau membuat suasana liburan makin menyenangkan. Pengunjung yang datang bisa merasakan deburan air yang berhembus seperti sebuah kabut segar.

Gunung Gede

Suka mendaki dan menjelajahi alam?Anda bisa menjadikan Gunung Gede sebagai tujuannya. Berada di ketinggian 3000 mdpl, Gunung Gede memiliki pemandangan yang menakjubkan. Sehingga, gunung ini masih menjadi favorit para pendaki untuk ditaklukkan.

 Ilustrasi

Gunung Gede

Meski membutuhkan perjuangan yang menguras tenaga, semua akan terbayar lunas dengan pemandangan begitu indah ketika Anda berada di puncak. Hamparan hijau dari ketinggian akan membuat Anda terpukau. Selain itu, Anda juga bisa menikmati sunrise di gunung yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Gede Pangrango ini.

The Little Venice Cipanas

Little Venice Kota Bunga Cipanas, merupakan sebuah danau buatan yang dirancang mirip dengan struktur lingkungan di Venice, Negara Italia. Dibangun dengan beraneka ragam bangunan yang sama persis dengan bangunan yang ada di negera Italia. Mulai dari gedung, rumah hingga bangunan lainnya.

Berada di Batulawang, Cipanas. The Little Venice Cipanas sangat cocok untuk para pecinta fotografi karena memiliki banyak objek cantik yang bisa dipotret, sehingga terasa mengesankan terutama untuk Anda yang suka mengoleksi foto-foto keren.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Curug Cibeureum

Berada di Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas. Curug Cibeureum memiliki air terjun utama dan dua air terjun lain yang lebih kecil, yaitu Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Tetapi Curug Cibeureum menjadi air terjun terbesar dan paling pendek yang ada di kawasan ini. Nama Cibeureum berasal dari bahasa Sunda yang artinya sungai merah dan diambil dari nuansa merah di dinding tebing. Berada di tempat yang lebih terbuka dan dekat dengan shelter, menjadikan Curug Cibeureum banyak dikerumuni oleh pengunjung.

Wana Wisata Mandalangi

Baik hari biasa maupun ketika musim liburan, Wana Wisata Mandalawangi tidak pernah sepi pengunjung. Destinasi berupa bumi perkemahan ini memiliki keindahan yang tidak bisa ditawar. Mulai dari danau, sungai hingga pepohonan rindang yang menyejukkan, inilah alasan kenapa Wana Wisata Mandalawangi sangat cocok sebagai lokasi camping.

Ketika memutuskan untuk camping, Anda bisa memilih camping ground sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik,seperti menyusuri sungai, trekking, menjelajahi hutan, dan menikmati air terjun. Fasilitas yang ditawarkan juga memadai dan memanjakan wisatawan.

Ilustrasi

Sungai Cikundul Cianjur

Sungai ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata yang memacu adrenalin. bagaimana tidak, wisatawan bisa melakukan aktivitas arung jeram yang menantang. Klasifikasi arung jeram dibagi menjadi beberapa kriteria, mulai yang biasa hingga yang ekstrem.

Berlokasikan di sungai Cikundul yang berada di Desa Cijagang Kecamatan Cianjur. Anda tidak perlu khawatir, dalam aktivitas ini tetap ada pemandu professional yang sigap sehingga terbilang aman.

Istana Presiden Cipanas

Berada di Desa Cipanas, Kabupaten Cianjur. Tepatnya berada di lereng kaki Gunung Gede yang ada di ketinggian 1.100 meter diatas permukaan laut. Istana Presiden Cipanas, berjarak kurang lebih sekitar 103 km dari ibu kota Jakarta atau sekitar 20 km dari Pusat Kota Cianjur. Istana Presiden Cipanas merupakan salah satu dari 6 istana kepresidenan Republik Indonesia. Memiliki luas 26 ha dan luas bangunan mencapai 7760 meter persegi, nama Cipanas sendiri diambil dari letak atau nama jalannya.

Telaga Biru Cianjur

Ketika menjelajah Cianjur, Anda bisa mengunjungi Telaga Biru Cianjur. Telaga Biru Cianjur merupakan salah satu wisata andalan kota Cianjur, telaga ini menjadi primadona di kalangan traveller. Ketika ingin menuju Gunung Gede, Anda akan melewati destinasi ini. Keindahan telaga yang tenang dengan air yang kebiruan mampu menyihir siapapun.

Anda bisa menemukan berbagai fasilitas pendukung yang memadai. Mulai dari menyewa perahu untuk menyusuri telaga hingga hanya bersantai di tepi telaga sembari berfoto. Datang ketika sore atau pagi hari adalah waktu yang tepat mengingat pada saat itu cuaca sedang bagus dan tidak panas.

Situs Gunung Padang

Berada di kecamatan Campaka, perbatasan Dusun Gunung Padang dengan Dusun Panggulan. Salah satu situs megalitikum yang diteliti ini memang tak henti-hentinya menyimpan misteri. Ya, Situs Gunung Padang. Memiliki luas kurang lebih 900 meter persegi dan berada di ketinggian 885 meter diatas permulaai air laut.

Ada hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa tempat ini adalah punden berundah piramida terbesar di Asia Tenggara atau bahkan dunia.Tak hanya sebagai tempat wisata anti mainstream, Situs Gunung Padang juga bisa menjadi tempat wisata sejarah untuk anak-anak karena menyimpan banyak misteri terkait keberadannya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini