Share

Sandiaga Beberkan 5 Capaian Program Strategis Kemenparekraf 2022 dalam Raker Komisi X DPR

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 23 November 2022 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 406 2713200 sandiaga-beberkan-5-capaian-program-strategis-kemenparekraf-2022-dalam-raker-komisi-x-dpr-I2D5popULo.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Okezone.com/Sukardi)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memaparkan tujuh capaian program strategis Kemenparekraf sepanjang 2022 dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Kompeks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

"Hasil dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif positif dan kami juga optimis di sisa beberapa bulan ke depan ini, kami bisa mencapai target yang maksimal," kata Sandiaga.

 BACA JUGA:Apresiasi Earth Festival 2022, Sandiaga Uno Dorong Pengembangan Pariwisata Berkualitas dan Berkelanjutan

Sandiaga menjelaskan, hal tersebut sesuai dengan realisasi anggaran program yang telah dilaksanakan Kemenparekraf menjelang akhir 2022. Menurutnya, dukungan manajemen yang telah dicapai adalah hampir 80 persen.

"Juga Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif, dan pelatihan vokasi," ujarnya.

 

Lebih lanjut, Sandiaga memaparkan sejumlah capaian program kinerja Kemenparekraf. Berikut 5 di antaranya:

 BACA JUGA:Mister Aladin Punya Promo Paket Liburan ke Desa Wisata, Sandiaga: Gak Bikin Kantong Kering

1. Blokir Automatic Adjustment (AA)

2. Pelaksanaan kegiatan masih terkendala pandemi

3. Jadwal pembayaran kegiatan bersumber dari Pinjaman Luar Negeri pada Bulan Desember 2022

4. Perubahan jadwal pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan di akhir tahun

5. Adanya beberapa pekerja seperti event pameran luar negeri, publikasi, perjalanan wisata pengenalan selesai di akhir tahun

Sandiaga menyebut terkait dengan Automatic Adjustment, bahwa Kementerian Keuangan telah menyatakan sudah dikeluarkan, sehingga tidak ada lagi menjadi pertimbangan.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Automatic Adjustment, merupakan kebijakan pemerintah untuk antisipatif APBN dalam menjaga momentum pertumbuhan ekonomi, daya beli masyarakat, dan kesehatan.

"Oleh karena itu, penyerapan anggaran kita targetkan akan selesai di akhir tahun," terangnya.

 Ilustrasi

Dalam rapat kerja Kemenparekraf dan paparan yang dibahas adalah evaluasi program kerja tahun 2022, pembentukan pokja dan tim teknis tindak lanjut PP Nomor 24 Tahun 2022, dan hasil pertemuan G20 bidang pariwisata.

Pada rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Sandiaga didampingi oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo serta sejumlah tim atau staf dari Kemenparekraf.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini