Share

Unik! Inilah Mesin ATM Tertinggi di Dunia, Letaknya di Puncak Gunung Bersalju

Andini Putri Nurazizah, Jurnalis · Kamis 24 November 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 406 2713356 unik-inilah-mesin-atm-tertinggi-di-dunia-letaknya-di-puncak-gunung-bersalju-6FHswtp8lP.JPG ATM tertinggi di dunia ada di pegunungan Karakoram, Pakistan (Foto: Wikimedia Commons/Daily Mail)

MEMBAWA uang tunai terlalu banyak saat traveling sangat rawan jadi sasaran kriminalitas. Untuk itu pelancong butuh mesin ATM di setiap destinasi yang dituju untuk menarik uang sesuai kebutuhan. Tapi apa jadinya jika ATM berada di gunung?

Ya, di Pakistan ada ATM tertinggi di dunia yang tercatat dalam buku Guinness World Record. ATM milik National Bank of Pakistan (NBP) tersebut terletak Sost, desa Gojal, Hunza Atas, Gilgit–Baltistan, Pakistan. Lokasinya berada di ketinggian 4.693 MDPL.

Melansir dari Daily Mail, Kamis (24/11/2022), letaknya berada di perbatasan Pakistan dengan China barat daya, membuat ATM ini hanya bisa dijangkau oleh penjaga perbatasan di Khunjerab Pass hingga para wisatawan yang penasaran dengan keberadaan ATM tersebut.

Secara resmi ATM Khunjerab Pass dibuka dan mulai digunakan pada tahun 2016. Dalam pembangunannya, Bank NBP merekrut tentara Pakistan untuk membantu memasang mesin ATM, mengingat tempatnya yang terbilang ekstrem karena dikelilingi oleh pegunungan bersalju Karakoram.

Demikian juga dengan pemasangan segala perangkat peralatan teknik pada mesin ATM yang memakan waktu lebih dari empat bulan, hal ini sudah termasuk fasilitas tambahan pada mesin ATM yaitu menggunakan tenaga surya dan angin, untuk memudahkan penggunanya yang jauh dari jangkauan listrik.

Selain itu ATM Khunjerab Pass, juga menawarkan penarikan tunai dan dapat digunakan untuk transfer antar bank. Semantara dengan keberadaan ATM tersebut, ternyata tidak hanya sebagai alat untuk membantu wisatawan maupun para pekerja untuk menarik uang tunai lho! Tapi juga sebagai sumber devisa bagi negara, karena banyaknya wisatawan yang mengunjungi daerah tersebut.

"Rata-rata, sekitar empat hingga lima juta rupee (Rp768 juta - Rp960 juta) ditarik dalam rentang waktu 15 hari," kata Zahid Hussain, manajer cabang NBP di desa Sost, Pakistan, kepada BBC awal tahun ini.

Meski demikian banyak kendala yang dihadapi ATM Khunjerab Pass selama beroperasi. Dengan jarak 87 km dari cabang ATM terdekat, Hussain bertanggung jawab untuk mengisi ulang mesin ATM, dengan konsekuensi cuaca ekstrem dan tanah longsor saat dia melakukan perjalanan menuju ATM Khunjerab Pass.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Ada juga masalah lain jika terdapat kartu yang tersangkut di mesin dan kendala pada konektivitas satelit. Biasanya petugas perbaikan membutuhkan sekitar dua jam hingga dua setengah jam untuk mencapai mesin.

Salah satu korbannya adalah seorang YouTuber bernama Michael Gerber , pernah mengalami gangguan konektivitas satelit ketika dia mengunjungi ATM pada tahun 2019 lalu. Saat itu temannya mencoba menarik uang tunai, tapi mesin ATM tersebut malah menunjukkan komunikasi 'mati'.

Ilustrasi

Meski begitu, hingga kini ATM Khunjerab Pass masih menjadi daya tarik wisatawan yang ingin mengunjungi Taman Nasional Khunjerab, dimana mereka akan melihat pemandangan yang luar biasa dari pegunungan yang berselimut salju, sampai macan tutul salju dan spesies domba Marco Polo yang hampir terancam punah.

Untuk mencapai ATM, Anda bisa naik bus selama tiga jam ke perbatasan dari desa Sost. Karena melewati perbatasan, para pelancong juga diwajibkan untuk membawa dokumen visa dan melewati imigrasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini