Share

Begini Upaya Mengembangkan Wisata Kapal Pesiar di Pulau Belitung

Sri Latifah Nasution, Jurnalis · Kamis 24 November 2022 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 406 2714275 begini-upaya-mengembangkan-wisata-kapal-pesiar-di-pulau-belitung-gABh31xhQX.jpg Ilustrasi kapal pesiar (Freepik)

PEMERINTAH Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka, siap mengembangkan wisata kapal pesiar atau cruise yang dinilai memiliki potensi pasar cukup besar.

"Kami akan membangun sejumlah fasilitas untuk mendukung kedatangan kapal-kapal pesiar ke sini (Belitung)," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Kamis (24/11/2022).

Bupati menyampaikan hal tersebut usai menerima kunjungan sebanyak 80 wisatawan kapal pesiar National Geography (Linbland Cruise) di daerah itu.

 BACA JUGA:Transit Probolinggo, Wisman Kapal Pesiar Prancis Sambangi Gereja Kuno Berusia 2 Abad

Kapal pesiar National Geography sedang lego jangkar di perairan Belitung dan mengajak penumpangnya mengunjungi tempat-tempat ikonik dan destinasi pariwisata di Belitung selama kurang lebih empat jam.

Kapal tersebut berangkat dari Singapura, sempat singgah di Kepulauan Anambas, Riau dan saat ini menyinggahi Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

 

"Setelah dari sini (Belitung) mereka akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta dan nanti berakhir di Bali," ujarnya seperti dilansir dari ANTARA.

Sahani menambahkan kunjungan kapal pesiar tersebut merupakan kunjungan perdana setelah pandemi COVID-19 melandai di daerah itu.

 BACA JUGA:Liburan Akhir Tahun Naik Kapal Pesiar Mewah Royal Caribbean, Siapkan Budget Segini

"Meskipun singkat, tetapi kunjungan ini akan sangat berarti bagi kami untuk belajar menjamu mereka dan mereka juga mengatakan akan kembali lagi ke Belitung dengan membawa keluarganya," kata dia.

Ia juga memastikan kunjungan wisatawan kapal pesiar ke Tanah Air harus menjadi peluang yang harus ditangkap mengingat Belitung merupakan salah satu destinasi pariwisata bahari dan maritim.

"Apalagi Pulau Belitung ini berada di jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) sehingga menjadi rute lalu lintas kapal-kapal besar berbendera luar negeri," ujarnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Saat ini, pemerintah daerah sedang mengembangkan sejumlah infrastruktur untuk memfasilitasi kunjungan kapal-kapal yacht dan pesiar di daerah itu.

"Karena kendala kita selama ini adalah dari infrastruktur salah satunya pelabuhan, namun pemerintah daerah sudah membebaskan lahan di kawasan pantai Tanjung Tinggi dan rencananya itu memang akan dibangun Marina," katanya.

 Ilustrasi

Ia berharap pengembangan wisata kapal pesiar akan menjadi potensi dan sumber pendapatan baru bagi pelaku pariwisata di daerah itu.

"Kita ketahui bersama bahwa para yachter ataupun wisatawan kapal pesiar memiliki kualitas spending of money yang cukup baik sehingga perputaran keuangan nanti bisa lumayan tinggi," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini