Share

Gunung Sepikul dan Legenda Roro Jonggrang yang Berkhianat ke Bandung Bondowoso

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 26 November 2022 01:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 406 2714324 gunung-sepikul-dan-legenda-roro-jonggrang-yang-berkhianat-ke-bandung-bondowoso-FYsrxGXdoX.jpg Gunung Sepikul di Sukoharjo, Jawa Tengah (Instagram @rafidzlf)

GUNUNG Sepikul di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah menyimpan cerita legenda yang unik, Roro Jonggrang, putri raja yang cantik jelita hingga membuat Bandung Bondowoso jatuh cinta.

Alkisah, Bandung Bondowoso yang merupakan kesatria sakti dari Kerajaan Pengging jatuh hati pada Roro Jonggrang, putri Prabu Baka dari Kerajaan Prambanan.

 BACA JUGA:5 Destinasi Terbaik buat Road Trips di New York, Ada Tempat Liburan Romantis!

Bondowoso langsung melamar Roro Jonggrang. Tapi, Roro Jonggrang menolaknya. Agar tak jadi menikah dengan Bondowoso, Roro Jonggrang membuat syarat yang mustahil.

 

Dia meminta Bandung Bondowoso membuatkan seribu candi dan dua buah sumur dalam satu malam jika ingin menikahinya.

 BACA JUGA:Termasuk Raja Ampat, Ini 6 Destinasi Wisata Terbaik di Dunia untuk Bersantai pada 2023

Bandung Bondowoso akhirnya menyetujui syarat itu. Dia memanggil pasukan jin yang sangat banyak untuk membantunya membuat seribu candi dan dua sumur. Harus selesai dalam semalam.

Namun, Bondowoso hanya mampu menyelesaikan 999 candi hingga matahari terbit, akibat diganggu Roro Jonggrang saat proses pembangunan.

Roro Jonggrang menolak lamaran Bondowoso karena tidak memenuhi sepenuhnya syarat dimintanya. Bandung Bondowoso marah besar. Dengan kesaktiannya, Bondowoso mengutur Roro Jonggrang jadi batu atau arca. Lalu batu itu dijadikan candi keseribu.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara batu yang sebelumnya sudah ada untuk dibuat candi dibiarkan begitu saja dan konon berubah menjadi Gunung Sepikul artinya 'batu yang diangkut '.

 Ilustrasi

Sementara itu di balik legenda tersebut, Gunung Sepikul ini cocok dijadikan destinasi wisata bagi Anda yang hobi hiking. Meski disebut gunung, namun ketinggiannya cukup rendah dan landai, dibandingkan gunung pada umumnya. Tingginya sekitar 350 meter di atas permukaan laut (MDPL).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini