Share

Catat! Ini Ukuran Ideal Koper yang Boleh Masuk Kabin Pesawat

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 27 November 2022 06:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 406 2714749 catat-ini-ukuran-ideal-koper-yang-boleh-masuk-kabin-pesawat-SwQDzCbf09.jpg Koper penumpang pesawat (Foto: Stuff)

TAK semua ukuran koper bisa masuk ke dalam kabin pesawat. Jika memenuhi kapasitas yang sudah ditentukan, maka Anda harus menaruhnya di bagian bagasi. Maskapai penerbangan menentukan aturan ukuran ideal koper yang boleh masuk kabin pesawat.

Garuda Indonesia misalnya menetapkan ukuran bagasi kabin maksimum panjang 56 cm, lebar 36 cm, dan tebal 23 cm. Ukuran ini setara dengan koper 22 inci. Berat koper dan isi tidak boleh lebih dari 7 kilogram.

 BACA JUGA:Periksa Boarding Pass Penumpang saat Naik Pesawat, Ini yang Dicari Pramugari

Maskapai Citilink menetapkan ukuran koper yang boleh dibawa ke kabin untuk kelas ekonomi dimensinya 56 cm x 36 cm x 23 cm (Untuk penerbangan dengan pesawat A-320) dan 41 cm x 34 cm x 17 cm (Untuk penerbangan dengan pesawat ATR). Masing-masing kabin, memiliki aturan maksimal berat koper yakni 7 kilogram.

 Ilustrasi

Kemudian untuk maskapai Lion Air maksimal koper yang boleh masuk kabin adalah 40 x 30 x 20 cm (16 inci) dengan berat maksimal 7 kilogram. Ukuran ini lebih kecil dibanding dua maskapai lainnya.

 BACA JUGA:Inilah Kesalahan Umum Penumpang Pesawat yang Kerap Bikin Pramugari Ngelus Dada

Sementara Wings Air menetapkan ukuran koper yang boleh masuk kabin lebih kecil dari Lion Air, yakni maksimal 35 x 30 x 20 cm.

Namun berat yang ditetapkan sama yaitu 7 kilogram, jika lebih dari itu maka Anda akan dikenakan biaya lebih atau harus memindahkannya ke tas atau koper lainnya, agar tidak melebihi kapasitas. (sal)

Follow Berita Okezone di Google News

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini