Share

Rekomendasi 10 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru, Cocok Dikasih Buat Orang Tersayang

Kiki Oktaliani, Jurnalis · Selasa 29 November 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 301 2716403 rekomendasi-10-oleh-oleh-khas-pekanbaru-cocok-dikasih-buat-orang-tersayang-cFh5MQ0tIh.jpg Bolu kemojo (Foto: Craftlog)

REKOMENDASI oleh-oleh khas Pekanbaru yang bisa Anda pulang untuk orang tersayang. Jika Anda ke sebuah destinasi, jangan lupa membawa sesuatu yang khas buat buah tangan. Tak terkecuali saat ke Ibu Kota Riau.

Pekanbaru punya sederet makanan dan suvenir yang khas untuk dijadikan oleh-oleh. Pastikan Anda membeli oleh-oleh yang tahan lama, dan tentunya khas. Berikut adalah rekomendasi 10 oleh-oleh khas Pekanbaru.

1. Roti Jala

Sama dengan namanya, roti jala memiliki bentuk yang serupa dengan jala jala yang dibentuk dalam gulungan. Roti jala biasanya dinikmati menggunakan kuah kari atau durian.

Roti Jala merupakan oleh oleh khas Pekanbaru yang tidak boleh anda lewatkan untuk dibawa pulang.

Ilustrasi

2. Bolu Kamboja

Bolu Kamboja adalah kue khas dari Pekanbaru, yang memiliki beragam pilihan rasa seperti rasa rempah, kacang hijau, kentang, nangka, gula merah, keju, dan labu kuning.

Ukurannya satu kotaknya lumayan besar, sehingga cukup membawa beberapa kotak Bolu Kamboja untuk dibagikan kepada keluarga atau teman-teman di rumah.

Teksturnya yang lembut serta rasanya yang legit menjadikan bolu ini sangat diminati baik oleh warga sekitar maupun oleh wisatawan yang berkunjung ke Pekanbaru.

3. Pancake Durian

Durian adalah salah satu buah khas Pekanbaru yang diolah menjadi berbagai makanan ringan, atau oleh-oleh yang banyak diminati tak hanya masyarakat sekitar, tetapi juga oleh para wisatawan.

Pancake durian memiliki tekstur yang sangat lembut. Daging durian dibungkus menggunakan kulit khusus ini menjadikan aroma buah durian terjaga dengan baik. Durian yang dibuat dengan cara dihaluskan kemudian diisikan ke dalam kulit yang berwarna-warni ini sangat melindungi aroma durian.

4. Lempuk Durian

Lempuk durian adalah dodol durian khas dari Pekanbaru. Lempuk durian memiliki cita rasa manis dan gurih berpadu dengan aroma harum khas durian yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Lempuk durian ini sudah menjadi oleh-oleh khas Pekanbaru yang wajib untuk dibawa pulang jika kamu berkunjung ke Pekanbaru.

5. Kacang Pukul

Kacang pukul memiliki cita rasa manis yang berasal dari gula merah berpadu dengan rasa gurih dari kacang. Kacang pukul ini menyerupai enting-enting.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Sale Ikan Patin

Banyak sekali pilihan olahan ikan yang dapat anda jumpai di Pekanbaru. Salah satunya adalah sale ikan patin. Anda bisa mengemas beberapa sale ikan patin untuk dijadikan oleh-oleh khas dari Pekanbaru.

Oleh-oleh satu ini cukup nikmat dinikmati sebagai lauk atau juga sebagai camilan.

7. Peyek Jangkrik

Nah, kalau biasanya peyek menggunakan bahan dasar seperti kacang, teri, atau ebi. Ada yang unik dengan peyek khas dari Pekanbaru ini, yaitu menggunakan jangkrik.

Ya, meskipun tergolong kurang lazim tetapi peyek jangkrik bisa jadi salah satu ide oleh-oleh khas yang menarik dan seru untuk dicoba. Diketahui jangkrik juga mengandung protein tinggi yang berguna bagi tubuh. Tak hanya itu jangkrik mengandung kadar kalsium tinggi yang berguna bagi kesehatan tulang.

8. Roti Siak

Memiliki tampilan yang serupa dengan bagelen, roti siak ini biasanya dijual dalam dua rasa yaitu tawar dan adapun dengan tambahan keju di atasnya. Roti ini mudah dijumpai di berbagai tempat yang menjual oleh-oleh khas Pekanbaru.

Ilustrasi

9. Kue Bangkit

Kue bangkit merupakan jajanan tradisional dari Pekanbaru. Nama bangkit berasal dari proses memasak kue ini dimana adonan bangkit dan mengembang saat di oven.

Bahan utamanya terbuat dari sagu sehingga teksturnya sangat renyah. Rasa manis juga bisa Anda rasakan dari campuran gula merahnya.

10. Batik Pekanbaru

Selain makanan salah satu oleh oleh khas dari Pekanbaru yang bisa Anda bawa pulang adalah batik khas Pekanbaru.

Ciri khas batik ini terdapat pada motifnya yang banyak berbentuk bunga serta tanaman khas Pekanbaru.

Contohnya seperti batik bunga ketumbang, bunga klambang, serta bunga-bunga lainnya. Uniknya lagi motif batik di sini tidak ada yang horizontal, semua dibuat secara vertikal atau diagonal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini