Share

Patung Ayam Pelung, Ikon Cianjur yang Hancur Dihantam Gempa Bumi

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 28 November 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 406 2716331 patung-ayam-pelung-ikon-cianjur-yang-hancur-dihantam-gempa-bumi-jAIWXXSrZi.jpeg Patung Ayam Pelung di Cianjur rusak akibat gempa (Foto: Twitter @permanagi)

PATUNG Ayam Pelung Pusaka Cipadang di Bangnayang, Kecamatan Gekbrobg, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat rusak parah akibat diguncang gempa bermagnitudo 5,6 pada Senin 21 November 2022 siang. Patung Ayam Pelung selama jadi salah satu ikon Cianjur.

Robohnya Patung Ayam Pelung sempat viral di media sosial. Sebagian besar badan dan kepala patung ayam itu sudah rusak parah.

 BACA JUGA:3 Destinasi Wisata di Cisayong, Pesonanya Memanjakan Mata!

"Ayam jago aja sampai ngarumpuyuk (roboh)," ujar salah satu netizen.

 

Ayam pelung berasal dari Cianjur dan Sukabumi, sehingga dijadikan simbol kekuatan. Ayam pelung sudah dikenal lebih dari satu abad.

 BACA JUGA:5 Destinasi Wisata di Citayam Cocok untuk Refreshing

Dikutip dari buku ‘Asal Usulna Hayam Pelung Jeung, Dongeng-Dongeng Cianjur Lainnya’, karya Tatang Setiadi, sejarah ayam pelung dimulai pada 1850. Konon mulanya ayam pelung berasal dari salah satu kampung di Kecamatan Warungkondang yang terletak di kaki Gunung Gede.

Pada tahun 1850, di Desa Bunikasih Kecamatan Warungkondang Cianjur ada seorang Kyai dan Petani bernama H. Djarkasih atau Mama Acih . Kyai Djarkasih pada suatu malam bermimpi bertemu dengan Eyang Suryakancana.

Follow Berita Okezone di Google News

Setelah anak ayam itu dewasa, ternyata memiliki suara yang sangat indah, sehingga ayam tersebut disebut dengan “Ayam Pelung”.

Sementara itu, di Cianjur sendiri dikenal dengan hasil tani lainnya salah satunya yang paling terkenal adalah beras pandan wangi.

Ilustrasi

Jenis dan kualitas beras ini sudah tidak diragukan lagi. Rasanya pulen, sert5a seperti namanya mengeluarkan aroma harum seperti pandan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini