Share

Relaksasi di Pesawat, Ini 8 Cara Sederhana Merawat Diri Selama Penerbangan

Dita Mawanda, Jurnalis · Selasa 29 November 2022 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 406 2716475 relaksasi-di-pesawat-ini-8-cara-sederhana-merawat-diri-selama-penerbangan-IddecPXAS4.jpg Ilustrasi (News)

MEMILIH jalur udara sebagai transportasi perjalanan Anda ke lokasi tujuan mungkin Anda bisa saja mengalami stres dengan adanya penundaan, pembatalan, dan Covid-19 yang kini perlahan meningkat, jadi tak apa jika Anda mengalami perasaan tidak pasti.

Namun perlu diingat, selama penerbangan yang cukup menguras waktu Anda di udara bisa dimanfaatkan dengan melakukan hal-hal kecil untuk menjaga tubuh dan pikiran Anda tetap tenang, serta meredakan stres perjalanan.

Melansir dari Huffpost, para ahli memberikan tips terkait relaksasi dalam penerbangan tanpa mengganggu teman duduk Anda.

1. Menulis

Dr. Nina Vasan, Direktur Kesehatan Real, platrom kesehatan mental merekomendasikan bagi Anda cara menghabiskan waktu offline selama penerbangan untuk fokus pada saat ini, dan membuat jurnal bagaimana perasaan Anda. Tulis hal-hal yang membuat Anda bersemangat atau khawatirkan saat ini.

 BACA JUGA:Duh! Bocah 11 Tahun Diusir dari Pesawat, Kakaknya Diterbangkan Sendirian

2. Tetap terhidrasi

Jangan lupa untuk minum air mineral karena sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental yang positif, kata Supriya Lal, ahli diet terdaftar berbasis di New York. Setelah Anda melewati pos pemeriksaan keamanan, ingatlah untuk mengambil botol air atau isi ulang botol yang dapat digunakan kembali.

 

3. Mencoba pewarnaan meditasi

Mewarnai meditasi merupakan praktik yang menginduksi ketenangan dan perhatian dengan mengistirahatkan pikiran Anda, jelas Nasir. Hal ini memungkinkan Anda mengekspresikan perasaan secara kreatif seraya meingkatkan suasana hati. Penelitian juga menunjukkan bahwa tips ketiga ini juga bisa menghilangkan stres.

4. Membaca buku

Cobalah untuk mengisi pikiran Anda dengan memilih buku dari genre favorit Anda untuk dibaca di pesawat. Membaca dapat membuat Anda fokus dan meningkatkan rasa tenang, kata Vasan. Membaca buku juga menjadi pelarian yang bagus dari dunia nyata (yang pasti tidak tenang saat ini) atau bisa juga Anda mengunduh e-book di ponsel atau tablet.

 BACA JUGA:Mau Naik Pesawat, Ibu Ini Kaget Koper Baru Putrinya Dinyatakan Berisi Bom

5. Makan sesuatu yang enak

Makan saat Anda lapar adalah aspek terpenting menjaga diri sendiri. “Namun, ini bisa menjadi tantangan saat bepergian mengingat perubahan zona waktu, potensi penundaan, dan ketersediaan pilihan makanan di pesawat,” kata Lal.

Saat mengemas barang bawaan Anda, jangan lupa untuk menambahkan beberapa makanan ringan yang bisa dikunyah untuk memuaskan rasa lapar, sarannya. Atau bisa mengambil sesuatu yang Anda sukai di bandara, serta gunakan ini sebagai waktu bebas gangguan untuk menikmati apa yang Anda rindukan.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Cobalah pernapasan kotak

Pernapasan dalam merupakan latihan yang dapat membangkitkan rasa rileks. Israa Nasir, seorang psikoterapis dan pendiri “The Well Guide”, merekomendasikan untuk mencoba latihan “pernapasan kotak” untuk membuat tubuh Anda tenang secara fisiologis.

“Tekniknya dengan menarik napas selama empat hitungan, menahan napas selama empat hitungan, dan menghembuskan selama empat hitungan baik melalui mulut atau hidung,” katanya. Anda bisa ulangi sesering yang diperlukan untuk merasakan diri lebih rileks.

7. Menikmati rutinitas perawatan kulit

Dr. Zain Husain, dokter kulit di New Jersey berkata, “Ritual perawatan kulit adalah salah satu bentuk perawatan diri yang terasa terapeutik dan menenangkan.”

 Ilustrasi

Menghabiskan waktu untuk merawat kulit dapat membuat Anda meluangkan waktu sejenak, Anda bisa merenung atau bersantai seraya beristirahat. Saat Anda terbang, manfaatkan kesempatan untuk mencoba masker wajah atau memijat kulit Anda dengan serum wajah.

8. Istirahat

Selama bepergian bisa jadi Anda sibuk, sehingga perlu bagi Anda meluangkan waktu untuk istirahat terutama tidur. Mendapatkan tidur siang yang baik adalah aspek penting dari perawatan diri yang mengistirahatkan dan mengisi ulang tubuh Anda. Untuk menambah kenyamanan, Nasir menyarankan penggunaan masker tidur agar tetap rileks.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini