Share

Pecundangi Belgia di Piala Dunia 2022, Ini 10 Fakta Menarik Maroko

Najwa Avifah Octavia, Jurnalis · Senin 28 November 2022 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 408 2716462 pecundangi-belgia-di-piala-dunia-2022-ini-10-fakta-menarik-maroko-d8IETw8mpH.jpg Kota Rabat, Maroko (Foto: backpackmiddleeast.com)

MAROKO sukses mempecundangi Belgia dalam matchday kedua grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Qatar, Minggu 27 November 2022 malam waktu Indonesia, dengan skor meyakinkan 2-0. Kemenangan ini membuat Maroko memimpin grup F dengan 4 poin. Sedangkan Belgia turun ke posisi kedua dengan 3 poin.

Hasil pertandingan tersebut memang sebuah kejutan karena di atas kertas Belgia yang bertabur pemain bintang jauh lebih diunggulkan dari Maroko. Tapi, sepak bola kadang tak sesuai prediksi.

Kemenangan Maroko atas Belgia disambut gegap gempita pendukungnya. Mereka menggelar pesta semalam.

Maroko merupakan negara kecil di Afrika berbentuk kerajaan. Berikut 10 rangkuman fakta menarik dari Maroko :

Resort Ski Tertinggi di Afrika

Terletak sekitar 80 km dari Marrakesh di Maroko, Oukaïmeden adalah sebuah resort ski, tertinggi di Afrika. Terletak di Pegunungan Atlas pada ketinggian sekitar 8.500 kaki hingga 10.500 kaki. Resort ski memiliki enam lift ski dan fasilitas lainnya untuk membantu para pemain ski menikmati pengalaman bermain ski.

Universitas Tertua di Dunia

Universitas Al Quaraouiyine di kota Fez, Maroko merupakan perguruan tinggi pertama dan tertua di dunia. Fatima al-Fihri, putri terpelajar dari seorang pedagang kaya, mendirikan kampus ini pada tahun 859 Masehi. Untuk waktu yang lama, universitas tersebut menjadi pusat pendidikan dan spiritual utama di dunia Muslim Arab.

Ilustrasi

Kota Fez di Maroko

Banyak cendekiawan Arab terkenal telah mengajar di universitas ini. Saat ini, universitas tersebut merupakan bagian dari sistem universitas negeri di negara Afrika. Kajian hukum dan agama Islam menjadi fokus utama universitas.

Asal Ibnu Battuta

Ibnu Batutah merupakan cendekiawan dan penjelajah Islam terkenal berasal dari Maroko. Ia hidup di abad ke-14 Masehi dan melakukan perjalanan ke banyak bagian dunia termasuk Afrika Utara, Afrika Tengah, Asia Selatan, Tengah dan Tenggara, Timur Tengah.

Ia mencatat semua perjalanannya, kini catatan tersebut dijadikan sebagai harta sejarah dan pengungkapan peristiwa yang terjadi pada peradaban abad pertengahan.

Didirikan Cicit Nabi Muhammad

Idris I mendirikan dinasti Idrisid yang menyiapkan dasar berdirinya Maroko sebagai negara merdeka di masa depan. Idris I adalah cicit dari Nabi Muhammad SAW. Pada tahun 786 Masehi, Idris I berlindung di Maroko setelah melarikan diri dari medan perang Pertempuran Fakhkh.

Patung Manusia Tertua

Venus of Tan-Tan adalah batu kuarsit berbentuk manusia sepanjang 6 cm yang ditemukan pada tahun 1999 di tepi utara Sungai Draa di Maroko selama ekspedisi arkeologi.

Studi telah mengungkapkan bahwa artefak tersebut berasal dari periode Acheulean Tengah yaitu sekitar 300.000 hingga 500.000 tahun yang lalu. Akan tetapi, menurut salah satu bagian arkeolog, bongkahan batu tersebut telah mencapai bentuk manusia sebagai akibat dari pelapukan dan erosi alami.

Lembah yang Dipersembahkan untuk Bunga Mawar

Lembah M’Goun di Maroko dikenal sebagai Vallee des Roses. Setiap tahun, 3000 hingga 4000 ton dihasilkan di lembah ini. Mawar berperan penting bagi perekonomian lokal.

Wanita lokal memetik mawar dan menjualnya ke koperasi yang berlokasi tidak jauh dari wilayah tersebut. Sebagian besar digunakan oleh perusahaan parfum Perancis dan sisanya digunakan untuk produksi air mawar, sabun dan produk kecantikan lainnya oleh perusahaan lokal.

Follow Berita Okezone di Google News

Alun-Alun Kota Tersibuk

Terletak di kawasan medina Kota Maroko Marrakesh, Jemaa el-Fnaa merupakan alun-alun tersibuk di Afrika. Banyak penduduk lokal hingga turis menghabiskan waktu bersantai di alun-alun ini.

Alun-alun menawarkan pandangan sekilas kehidupan budaya Maroko. Penari Chleun, pendongeng, pesulap, penjual obat tradisional, dan pawang ular menghibur para pengunjung alun-alun.

Terdapat juga, kios makanan yang menjual makanan lokal di alun-alun menjelang malam. Souk Marrakesh, pasar tradisional yang menjual benda-benda kebutuhan penduduk lokal dan turis, terletak di tepi Jemaa el-Fnaa. Taman, kafe, dan hotel terletak di sekitar alun-alun.

Laut, Pegunungan dan Gurun

Maroko tak hanya tentang kekayaan sejarah dan budaya tetapi juga memiliki banyak keajaiban alam. Lanskap negara ini sangat bervariasi dan mencakup garis pantai di Samudra Atlantik dan Laut Mediterania, puncak tinggi pegunungan Atlas yang diselimuti salju, dan bentangan luas gurun Sahara.

Ilustrasi

Situs Warisan Dunia UNESCO

Maroko dikenal sebagai salah satu pusat pariwisata terbesar di Afrika Utara. Stabilitas politik bangsa memicu pertumbuhan pariwisata di negara ini. Pemerintah negara juga tertarik untuk lebih mempromosikan.

Negara ini memiliki sembilan situs warisan dunia UNESCO. Masing-masing situs ini memiliki nilai sejarah, budaya, dan arsitektur luar biasa yang wajib Anda kunjungi.

Rumah Bagi Kota Merah

Marrakesh adalah kota terbesar keempat Maroko. Marrakesh memiliki sejarah, arsitektur, dan budaya yang kaya. Tak hanya Itu Marrakesh merupakan, salah satu kota kekaisaran terpenting di negara itu.

Ali ibn Yusuf, seorang raja dari dinasti Almoravid membangun tembok merah untuk menjaga kota. Banyak bangunan merah juga dibangun di dalam kota. Warna merah dijadikan sebagai nama julukan "Kota Merah" atau "Kota Ochre".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini