Share

10 Makanan Natal Khas Indonesia yang Paling Enak, Sangat Menggugah Selera!

Melati Pratiwi, Jurnalis · Rabu 30 November 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 301 2717090 10-makanan-natal-khas-indonesia-yang-paling-enak-sangat-menggugah-selera-Q50slp3qL6.jpg Klappertart (Foto: klappertart.com)

NATAL diperingati tiap 25 Desember oleh umat Kristen seluruh dunia. Di Indonesia, masyarakat punya makanan khas yang disajikan pada momen Natal.

Setiap daerah punya 'jagoan' makanan khas-nya masing-masing untuk disantap bersama keluarga tercinta di perayaan Natal.

Berikut ini 10 makanan Natal khas Indonesia yang paling enak.

 BACA JUGA:6 Makanan Khas Indonesia Paling Laris Manis di Luar Negeri, Mana Favoritmu?

1. Ayam Rica-Rica

Manado punya makanan khas yang kerap terhidang di momen Natal. Apalagi kalau bukan Ayam Rica-Rica.

Sesuai namanya, Ayam Rica-Rica sendiri memiliki sensasi rasa pedas yang bikin nagih. Manado sendiri memang terkenal dengan kuliner pedasnya.

 Ilustrasi

Ayam rica-rica

2. Klappertart

Makanan Natal khas Indonesia selanjutnya adalah Klapertart. Sebenarnya, hidangan manis satu ini merupakan peninggalan Belanda.

Tapi saat ini, berbagai wilayah di Indonesia gemar menyantap Klapertart di perayaan tertentu seperti Natal. Manado menjadi salah satu daerah yang sering menyuguhkan klapertart.

 BACA JUGA:7 Makanan Khas Nusantara yang Diikuti Nama Daerah Asalnya, Mi Aceh hingga Soto Banjar

3. Selat Solo

Dari Manado bergeser ke Solo. Kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini punya menu hidangan Natal yang begitu khas dan nikmat yakni Selat Solo,

 Ilustrasi

Selat Solo

Selat Solo sendiri bisa dibilang sebagai steik versi Jawa. Paduan daging atau lidah disajikan bersama sayuran rebus, kentang, telur dan kuah manis membuat suasana Natal kian meriah.

4. Bagea

Jika Hari Raya Idul Fitri identik dengan kue nastar, Nusa Tenggara Timur (NTT) juga punya kue khas yang seringkali menemani perayaan natal. Kue itu bernama Bagea, dengan bahan dasar tepung sagu.

5. Ikan Mas Bumbu Arsik

Warga Sumatera Utara banyak yang turut merayakan Natal. Tentu saja, momen spesial tersebut mereka lewati bersama makanan khas yang sedap.

Salah satunya ada ikan Mas Bumbu Arsik. Rasa nikmat kuliner satu ini muncul dari asam patikala, kecombrang dan bumbu andalan yakni sambal andaliman.

6. Ikan Kuah Kuning

 

Kuliner khas Indonesia berupa Ikan Kuah Kuning wajib menemani perayaan Natal di Ambon. Biasanya, Ikan Kuah Kuning menggunakan tongkol, tuba, hingga ikan muba.

Rasanya segar dan penuh rempah. Paling nikmat, Ikan Kuah Kuning disajikan bersama papeda.

Follow Berita Okezone di Google News

 7. Ayam Kodok

Makanan khas Indonesia yakni Ayam kodok mungkin akan mengingatkan sebagian orang dengan kalkun yang biasa hadir dalam perayaan Thanksgiving. Di Indonesia sendiri, ayam kodok menjadi salah satu hidangan andalan saat natal.

Ayam Kodok disajikan tanpa isi jeroan. Semua bagian dalam tersebut dikeluarkan dan diganti sayur-sayuran maupun daging sapi berbumbu.

8. Pa'piong

Pa'piong merupakan makanan Natal dari Tanah Toraja. Berisikan daging ayam atau babi, kelapa parut serta aneka rempah, Pa'piong punya cara masak terbilang unik.

Bahan-bahan yang telah disebutkan itu dimasukan ke dalam bambu, baru kemudian dibakar hingga matang.

 Ilustrasi

9. Kue Lampet

Suku batak punya hidangan tradisional bercita rasa manis-gurih yaitu Kue Lampet atau Lappet. Terbuat dari tepung beras atau ketan, kue lampet diisi kelapa parut dan gula merah.

Saat natal tiba, kue tradisional ini kerap menambah meriah suasana Natal di daerah Sumatera Utara.

10. Ayam Budu-Budu

Ayam Budu-Budu berasal dari Makassar. Ketika merayakan Natal, masyarakat setempat terbiasa menyuguhkan hidangan bercita rasa segar satu ini.

Dengan paduan aneka bahan mulai dari jahe, lengkuas, jeruk nipis, dan daun bawang, Ayam Budu-Budu mampu membangkitkan selera makan di hari Natal. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini