Share

10 Keunikan Budaya Indonesia yang Bikin Orang Korea Selatan Geleng-Geleng Kepala

Prisca Arianto, Jurnalis · Selasa 29 November 2022 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 406 2716767 10-keunikan-budaya-indonesia-yang-bikin-orang-korea-selatan-geleng-geleng-kepala-cW20CNhuEK.JPG Ilustrasi bendera Indonesia dan Korea Selatan (Foto: iStock)

SETIAP negara tentunya memiliki budaya dan keunikan masing-masing. Bahkan, perbedaan budaya inilah yang menjadi ikonik dari setiap negara tersebut.

Begitu pula dengan negara Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai keunikan buday tersendiri. Saking uniknya, budaya di Indonesia bisa membuat orang asal negara lain sampai geleng-geleng kepala lho!.

Seperti halnya yang diungkapkan oleh salah satu YouTuber asal Korea Selatan, Yuna melalui saluran YouTube-nya. Pada video tersebut, Yuna dan saudarinya membahas tentang culture shock saat menginjakkan kaki di Indonesia.

Yuna merasa banyak sekali perbedaan budaya antara Korea Selatan dan Indonesia sehingga membuat orang asal negeri ginseng bakal terheran-heran bahkan takjub.

Lantas, apa saja ya perbedaan budaya tersebut? Berikut 10 perbedaan budaya antara Korea Selatan dan Indonesia yang dirangkum Okezone.

1. Sedikit ruang bagi pejalan kaki

Banyaknya pengguna jalan seperti pengendara mobil dan motor, menjadikan di Indonesia sangat sedikit ruang jalan untuk pejalan kaki.

Sedangkan di Korea, pejalan kaki diberikan ruang untuk berjalan tanpa terganggu maupun mengganggu pengendara bermotor lainnya.

2. Kucing banyak berkeliaran di jalan-jalan

Kucing Oren di Jalanan

(Foto: dok. pribadi)

Kucing di Indonesia lebih banyak berkeliaran di jalanan dibandingkan anjing, sedangkan di Korea Selatan lebih banyak anjing yang berkeliaran di jalanan.

3. Murah senyum sekalipun kepada orang tak dikenal

Terkenal akan keramahannya, orang Indonesia akan menyapa dan tersenyum. Bahkan, hal tersebut membuat orang Korea Selatan takjub dan bangga.

Bagaimana tidak, di negara itu orang tidak akan menyapa atau tersenyum secuil pun kepada orang yang sama sekali tidak mereka kenal.

4. Banyaknya suku dan bahasa di Indonesia

Orang Korea juga takjub dengan Indonesia kekayaan suku dan bahasa di setiap daerah Indonesia. Sementara di Korea hanya memiliki satu bahasa.

Siapapun tahu, jika Indonesia sangatlah kaya akan budaya, suku, adat istiadat dan bahasa. Bahkan di setiap daerahnya memiliki bahasa daerah masing-masing yang digunakan untuk berkomunikasi. Namun bahasa nasional pemersatunya tetap Bahasa Indonesia dong!

Sedangkan di Korea Selatan hanya memiliki satu bahasa, mereka tidak memiliki bahasa daerah. Orang Korea Selatan berkomunikasi dengan bahasa yang sama, ya Bahasa Korea saja.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Menginap di rumah orang hal biasa

Orang Korea Selatan heran dengan kebiasaan orang Indonesia yang suka bermain atau menginap di rumah teman, sedangkan di Korea jarang ada orang lain di rumahnya.

Terkenal dengan keramahannya, di Indonesia ajakan kepada teman atau tetangga untuk ke rumah sangatlah biasa, bahkan untuk menginap sekalipun. Hal tersebut tentunya hanya berlaku untuk sesama jenis saja.

Sedangkan di Korea mengajak teman untuk bermain atau menginap di rumah sangat jarang dilakukan karena privasi.

Jalanan Macet

(Foto: Okezone.com/Rizky Kibo)

6. Banyak orang bawa kendaraan pribadi

Di Indonesia banyak orang menggunakan kendaraan seperti sepeda motor dan mobil. Sementara di Korea Selatan masyarakatnya cenderung berjalan kaki atau memanfaatkan moda transportasi publik.

7. Takjub mendengar suara azan 5 kali sehari

Indonesia dikenal dengan penduduk yang mayoritas beragama islam, sehingga membuat tidak asing ketika mendengar suara adzan yang sering dikumandangkan.

Azan Shutterstock

(Foto: Shutterstock)

Berbeda dengan Korea, kaum muslim adalah kaum minoritas sehingga jarang sekali bahkan hampir tidak pernah mendengarkan azan sering yang dikumandangkan. Dalam channel youtubenya, Yuna juga mengungkapkan jika ia sering terbangun dari tidur karena kaget mendengar suara azan setiap saat.

8. Jarang ada tisu di toilet

Orang Korea Selatan begitu heran dengan toilet di Indonesia yang sangat langka ditemukan tisu toilet. Hal inilah yang membuat mereka bingung cara bersih-bersih setelah buang air. Bahkan, mereka punya pengalaman ini, memutuskan untuk selalu membawa tisu saat bepergian ke Indonesia.

9. Delivery service menjamur

Layanan pesan antar atau delivery service yang berlaku dalam satu akun seperti Grab dan GoJek membuat warga Korsel juga makin kebingungan. Pasalnya, hal semacam itu tidak ada di negara mereka.

Memang tak dipungkiri, jalanan di Indonesia seperti kota-kota besar sangatlah padat hingga sering terjadi kemacetan.

Hal ini dipicu oleh pengguna jalan yang kebanyakan pengendara motor dan mobil. Sementara di Korsel, warganya gemar berjalan kaki atau naik alat transportasi umum, seperti bus atau kereta bawah tanah misalnya.

Driver Ojek Online

(Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

10. Restoran ayam pakai nasi

Hal lain lagi yang bikin orang Korea Selatan bingung menurut Yuna, ialah restoran ayam di Indonesia menawarkan ayam lengkap dengan nasinya. Sedangkan di Korea hanya menawarkan ayam tanpa nasi.

Sebagaimana budaya orang Indonesia, jika belum makan nasi ya belum dikatakan makan. Begitu juga jika makan di restoran cepat saji dengan ayam goreng, belum lengkap rasanya jika tidak dimakan dengan nasi.

Bahkan lucunya, sudah pesan nasi, beberapa orang Indonesia malah masih ingin memesan kentang goreng sebagai camilannya, padahal notabene sama-sama mengandung karbohidrat. Itulah keunikan orang Indonesia. Dari hal makanan saja sampai diperhatikan orang Korea ya.

Sedangkan di Korea Selatan hanya memiliki satu bahasa, mereka tidak memiliki bahasa daerah. Orang Korea Selatan berkomunikasi dengan bahasa yang sama yaitu bahasa Korea.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini