Share

Intip Tradisi Unik Membangun Menara Manusia di Spanyol, Seru dan Menegangkan!

Cita Zenitha, Jurnalis · Selasa 29 November 2022 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 406 2716858 intip-tradisi-unik-membangun-menara-manusia-di-spanyol-seru-dan-menegangkan-VxRcBJkrZR.JPG Tradisi unik membangun menara manusia di Spanyol (Foto: Instagram/@humantowersworld)

KISAH tradisi unik membangun menara manusia tertinggi di Spanyol menarik perhatian. Masyarakat Spanyol masih memertahankan tradisi menara manusia ini sejak abad ke-18.

Pada 2 Oktober 2022 warga Kota Tarragona merayakan tradisi membuat menara manusia atau castells. Kompetisi menara manusia terbesar ini dihadiri 11 ribu penonton yang memadati area kota.

Tradisi unik Spanyol ini bahkan masuk warisan budaya UNESCO pada 2010 lalu sebagai bagian identitas budaya (Catalan).

Penasaran mengenai kisah menara manusia Spanyol? Berikut kisah tradisi unik membangun menara manusia tertinggi di Spanyol.

Tradisi membangun menara manusia tertinggi di Spanyol sudah ada sejak abad ke-18 di Kota Valls, Catalan. Awalnya, tradisi ini berupa tarian rakyat kota. Saat musik berbunyi, masyarakat berputar untuk membangun menara manusia.

Tradisi Bangun Menara Manusia di Spanyol
(Foto: REUTERS/Albert Gea)

Manusia sendiri merupakan identitas bagi Catalan. Menara castells sangat berharga bagi orang Spanyol karena melambangkan kebersamaan dan menghapuskan kelas sosial. Tak heran, tradisi ini menjadi warisan yang masih berlaku hingga sekarang.

Membuat menara manusia tertinggi tentu sangat sulit dan memerlukan latihan. Untuk membangun menara, peserta yang ikut harus berdiri di atas bahu satu sama lain. Peserta harus menahan keseimbangan untuk membuat menara semakin tinggi.

Menara castells terdiri dari tiga bagian saling menguatkan. Pada bagian dasar, orang-orang akan membentuk lingkaran besar bernama 'pinya'. Orang-orang yang mendaki menara akan memusatkan berat badannya pada lingkaran besar.

Follow Berita Okezone di Google News

Tingkatan selanjutnya adalah 'maniles' yang berbentuk tingkatan rantai cincin. Pada bagian atas maniles akan berdiri 'tronc' berupa tingkatan batang menara. Orang-orang akan membangung tronc sampai tinggi yang tidak ditetapkan.

Dalam acara tradisi di Kota Tarragona pada Oktober lalu menara manusia tertinggi mencapai 13 meter. Kelompok ini juga memenuhi syarat yang telah ditetapkan seperti kombinasi tinggi, keamanan, dan keterampilan.

Tradisi Bangun Menara Manusia di Spanyol

(Foto: REUTERS/Albert Gea)

Kelompok dari Vilafranca ini mengalahkan 40 peserta lainnya. Mereka berhak mendapatkan uang sebesar USD15.679 atau setara dengan Rp246 juta.

Itulah kisah tradisi unik membangun menara manusia tertinggi di Spanyol. Semoga dapat menambah wawasan dan khazanah keilmuan. (put)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini