Share

Jangan Salah Sebut, Ini 5 Perbedaan Malang dan Pemalang!

Dita Mawanda, Jurnalis · Rabu 30 November 2022 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 406 2717218 jangan-salah-sebut-ini-5-perbedaan-malang-dan-pemalang-Bu8sgfAVNf.jpg Kota Malang di Jawa Timur (Foto: ANTARA)

MALANG dan Pemalang jelas berbeda meski lafadznya hampir sama. Malang adalah nama kabupaten dan kota di Jawa Timur. Sedangkan Kabupaten Pemalang adanya di Jawa Tengah.

Tapi, bukan saja letak geografisnya yang berbeda provinsi. Ada sederet perbedaan lain Malang dan Pemalang sebagai berikut :

1. Jumlah penduduk

Berdasarkan Sensus Penduduk 2022, populasi di Kota Malang 843.810 jiwa, mayoritas suku Jawa kemudian Madura. Penduduk Kabupaten Malang sebanyak 2.654.448 jiwa yang tersebar di 33 kecamatan.

 BACA JUGA:Pulau Failonga, Wisata Bahari Cantik nan Eksotis Surga Tersembunyi di Tidore

Sedangkan Kabupaten Pemalang yang memiliki 14 kecamatan, jumlah penduduknya mencapai 1.529.920 jiwa

2. Julukan Malang dan Pemalang

Malang dijuluki sebagai Kota Pendidikan karena memiliki kampus ternama seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Maulana Ibrahim dan Politeknik Negeri Malang.

Selain itu, Malang juga disebut Kota Pariwisata karena alamnya yang indah dikelilingi penggunungan dan memiliki banyak objek wisata.

Sedangkan Pemalang juga punya sederet julukan di antaranya Kota Ikhlas, Kota Hijau, sampai Kota Grombyang.

 BACA JUGA:One Village One Destination, Cara Malang Tingkatkan Potensi Pariwisata

3. Catatan sejarah singkat

Sejarah di kota Malang, pada tahun 1879 mulai beroperasi kereta api dan sejak itu, kota ini berkembang dengan pesat. Akibatnya, terjadilah perubahan tata guna tanah, daerah yang terbangun bermunculan tanpa terkendali, bahkan perubahan fungsi lahan mengalami perubahan sangat pesat, seperti pertanian menjadi perumahan dan industri.

Sejarah Pemalang, pada abad-16 dihubungkan dengan catatan Rijklof Van Goens dan data di dalam buku W Fruin Mess yang menyatakan, pada tahun 1575 Pemalang merupakan salah satu dari 14 daerah merdeka di Pulau Jawa, yang dipimpin oleh seorang pangeran atau raja.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Hari Jadi Malang dan Pemalang

Malang didirikan pada masa Pemerintahan Belanda pada tanggal 1 April 1914, ketika E.K Broeveldt sebagai wali kota pertama. Sementara Hari Jadi Pemalang adalah 24 Januari 1575.

 Ilustrasi

5. Banyak gelar 

Kota Malang memiliki banyak gelar yang disandangnya, di antaranya Paris of Java, Kota Pesiar, Kota Peristirahatan, Kota Pendidikan, Kota Militer, Kota Sejarah, Kota Bunga.

Untuk kota Pemalang sendiri, kota ini memiliki rekor MURI yang amat membanggakan, yaitu Ngebeg bareng pada 25 Januari 2015 dan Tabuh Rebana secara massal pada 23 Januari 2016.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini