Share

Jangan Takut, Simak 7 Tips Naik Pesawat Perintis Bikin Traveling Makin Asyik

Melati Pratiwi, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 549 2718320 jangan-takut-simak-7-tips-naik-pesawat-perintis-bikin-traveling-makin-asyik-5M3Mir2A8s.JPG Pesawat perintis Garuda ATR 72-600 (Foto: annualreport.id)

PESAWAT perintis merupakan alternatif lain bagi pelancong yang hendak menyebrangi suatu pulau. Ya, tidak semua orang suka menaiki kapal laut dan merasakan guncangan ombak yang kadang membuat mual.

Dengan adanya pesawat perintis, waktu tempuh juga menjadi lebih cepat. Tapi, perlu diingat, pesawat satu ini tentu saja berbeda dari pesawat pada umumnya.

Bagi anda yang belum terbiasa melakukan perjalanan udara menggunakan pesawat perintis, tips berikut ini wajib untuk dicatat.

1. Persiapan mental

Pesawat perintis hanya terbang di atas ketinggian sekitar 10.000 kaki saja dari permukaan laut. Terkadang, duduk di dalam pesawat perintis pun tak senyaman pesawat biasanya.

Jadi, ada baiknya pelancong menyiapkan mental terlebih dahulu agar tetap tenang selama terbang menuju pulau tujuan.

2. Tak perlu bawa banyak barang

Menaiki pesawat perintis tak perlu membawa barang terlalu banyak. Pasalnya, kapasitas pesawat itu sendiri memang terbilang sedikit.

Infografis Bagian Pesawat yang Terlarang Didekati

Jumlah penumpangnya pun dibatasi 12 orang saja. Jika membawa barang terlalu banyak, dikhawatirkan pesawat perintis bakal membawa beban berlebihan.

3. Perhatikan cara penyelamatan

Penumpang pesawat wajib membaca buku petunjuk keselamatan. Tak hanya itu saja, penumpang juga harus memerhatikan cara penyelamatan yang diperagakan di ruang tunggu dengan baik.

Kenapa tidak di dalam pesawat? perlu diingat kembali, bagian atap pesawat terbilang pendek. Penumpang bahkan perlu menunduk ketika hendak menuju kursi. Tentu saja situasi ini tak memungkinkan pramugari memperagakan petunjuk keselamatan di pesawat.

4. Tetap tenang

Guncangan mungkin akan terasa ketika pesawat perintis lepas landas maupun mendarat. Tapi jangan terlalu khawatir, pesawat perintis tentu saja tetap menggunakan jasa pilot yang sudah terlatih.

Jadi, yang perlu diperhatikan oleh penumpang adalah berusaha tenang saat guncangan terjadi.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Menyalakan AC sampai full

Ruangan dalam pesawat perintis memang cukup sempit. Hal ini bisa menyebabkan sesak napas pada beberapa orang.

Tak perlu bingung atau panik, coba untuk duduk tegak serta menyalakan air conditioner atau pendingin ruangan hingga full.

Infografis Fakta Unik Tentang Pesawat

6. Nikmati pemandangan

Siapkan kamera selama perjalanan menggunakan pesawat perintis. Lantaran hanya terbang pada ketinggian 10.000 kaki, banyak pemandangan indah yang dapat dipotret. Misalnya saja kapal-kapal di laut, pulau sekitar yang mempesona dan panorama indah lainnya.

7. Berdoa

Satu hal yang tak kalah penting jika hendak menaiki pesawat perintis atau kendaraan apapun yakni berdoa. Berserah diri lah kepada Tuhan dan memohon agar perjalanan lancar sampai tujuan tanpa hambatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini