Share

Ternyata Ini Alasan Kota Baghdad Dijuluki Kota 1001 Malam

Sri Latifah Nasution, Jurnalis · Sabtu 03 Desember 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 406 2719073 ternyata-ini-alasan-kota-baghdad-dijuluki-kota-1001-malam-u227WHJydP.JPG Kota Baghdad di malam hari (Foto: Instagram/@baghdad)

BAGHDAD merupakan ibu kota negara Irak yang memiliki cerita sejarah masa lalu yang panjang. Kota terbesar kedua di Arab tersebut terletak di antara sungai Tigris dan sungai Eufrat.

Meskipun Baghdad pernah disinggung dalam masa pra-Islam, kota Baghdad ditemukan antara tahun 762-764 masehi oleh Khalifah Abu Ja'far Al-Mansur dari kekhalifahan Abbasiyah.

Ia ingin mencari tempat untuk mendirikan dinasti baru, menggantikan khalifah Umayyah di Damaskus. Dengan struktur fisiologis serta geologinya, Baghdad dianggap cocok untuk menjadi pusat kerajaan Islam.

Nama Baghdad sendiri merupakan campuran dari dari bahasa Persia Tengah, yaitu Bag yang berarti Tuhan, dan dād yang memiliki arti pemberian. Sehingga Baghdad bisa diartikan sebagai 'Hadiah dari Tuhan'.

Infografis Negara Paspor Terkuat

Dikutip dari berbagai sumber, Baghdad mencapai puncak kejayaannya di bawah pemerintahan Khalifah Harun Al Rasyid. Ia membuat Baghdad menjadi pusat kebudayaan, memberi hadiah melimpah kepada para penyair dan seniman.

Pemerintahan Baghdad kala itu menjadi yang paling penting di dunia. Kota yang dibangun dengan tembok melingkar tersebut bahkan disebut sebagai Madinat al-Salām atau Kota Kedamaian.

Sebuah masjid, dan markas penjaga terletak di pusat kota. Empat jalan utama yang mengarah ke istana khalifah dan masjid agung di tengahnya.

Jalan-jalan Baghdad pun mulai diaspal dengan bahan tar. Dengan cepat Baghdad menjelma menjadi pusat pembelajaran dan perdagangan.

Follow Berita Okezone di Google News

Bahkan, didirikan bangunan yang dikhususkan untuk penerjemahan karya-karya Yunani, Persia tengah, dan Syria (Syam), yang diberi nama House of Wisdom.

Banyak sarjana dari Akademi Gundishapur yang dibawa ke Baghdad oleh Barmakids, keluarga bangsawan Abbasiyah Persia.

Kota Baghdad

(Foto: Instagram/@baghdad)

Mereka kemudian memperkenalkan sains Yunani dan India ke dunia Arab. Baghdad akhirnya menjadi rumah bagi pengetahuan-pengetahuan manusia.

Baghdad juga dijuluki sebagai negeri 1001 malam. Sebenarnya julukan tersebut berasal dari salah satu karya sastra terkenal berjudul Alf Lailah wa Lailah (kisah seribu satu malam), yang menceritakan kepemimpinan khalifah Harun Al-Rasyid hingga membawa Baghdad pada puncak kejayaannya. (put)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini