Share

4 Julukan Kabupaten Kudus Paling Populer, Apa Saja?

Prisca Arianto, Jurnalis · Minggu 04 Desember 2022 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 406 2719538 4-julukan-kabupaten-kudus-paling-populer-apa-saja-gfNrY4EsOU.jpg Menara Masjid Kudus, Jawa Tengah (Foto: Instagram @mbahoerip)

KUDUS memiliki beberapa julukan terkenal. Kabupaten di Jawa Tengah ini memang masyhur sebagai daerah penghasil rokok dan punya jejak sejarah Islam yang kuat.

Nama Kudus berasal dari bahasa Arab yang berarti Suci. Kudus pernah jadi pusat perkembangan Islam di Pulau Jawa pada abad pertengahan. Hal ini dapat dilihat dari adanya tiga makam ulama Wali Singo; Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kedu.

Berikut empat julukan Kudus yang populer.

Kota Santri

Kudus juga dijuluki sebagai Kota Santri karena memiliki banyak pondok pesantren. Kudus juga punya pesantren tahfidz Quran terbaik dan terkenal di Indonesia, yakni Yanbu’ul Qur’an. Satrinya berasal dari berbagaid daerah.

Kota Kretek

Kudus juga dikenal sebagai Kota Kretek. Bukan tanpa alasan, dikarenakan di kabupaten ini banyak berdiri perusahaan industri hasil tembakau (IHT) atau industri rokok kretek khas Nusantara. Di antaranya yang terkenal dan tak asing adalah PT Djarum PT Nojorono dan PR Sukun.

Selain itu, dalam sejarahnya penemu rokok kretek adalah warga asli Kudus, yakni H Djamhari. Sedangkan dikenal sebagai “Sang Raja Kretek”pengusaha yang memproduksi rokok kretek secara massal sebagai industri dan berhasil mempopulerkannya adalah Ki Nitisemito.

Kota Semarak

Sebutan ini merupakan yang cukup lama dikenal. Kendati, saat ini kurang begitu populer di kalangan anak muda. Menurut beberapa sumber, sebutan “Kudus Kota Semarak” mulai dikenal pada masa Bupati Kolonel CZI Wimpie Hardono pada tahun 1978 – 1983, dan berlanjut di masa Kolonel ART Soehartono tahun 1983 - 1988, Kolonel Inf H Soedarsono tahun 1988 - 1998, dan Kolonel Inf H M Amin Munajat tahun 1998 - 2003.

Follow Berita Okezone di Google News

Kota Jenang

Selanjutnya, sebutan lain yang sangat dikenal melekat dengan Kabupaten Kudus yaitu “Kota Jenang”. Sebagaimana diketahui, jenang merupakan salah satu kuliner khas Kabupaten Kudus.

Ilustrasi

Jenang merupakan makanan sejenis dodol Garut, hanya saja yang membedakannya adalah berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Jenang Kudus merupakan oleh-oleh khas dari Kudus.

Bahkan, jika ada orang yang jalan-jalan ke Kudus, tidak lengkap rasanya jika belum membeli Jenang sebagai buah tangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini