Share

Kenapa Tidak Ada Tukang Parkir di Amerika? Simak Penjelasannya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 05 Desember 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 406 2719886 kenapa-tidak-ada-tukang-parkir-di-amerika-simak-penjelasannya-OByZOi5vMC.jpg Ilustrasi tukang parkir (Foto: Okezone.com/Demon Fajri)

TUKANG parkir memang pemandangan lumrah di Indonesia. Hampir di setiap sudut kota ada saja tukang parkir yang berdalih menjual jasa menjaga kendaraan lalu memungut bayaran. Bahkan bisnis lahan parkir sangat menjanjikan di Indonesia.

Kelompok-kelompok preman rela tawuran demi menguasai lahan parkir karena dari situ mereka bisa meraup banyak uang. Pemerintah juga menjadikan parkir sebagai salah satu sektor menarik pendapatan daerah.

 BACA JUGA:Survei: Ini 5 Destinasi Wisata Favorit Pelancong di Sumatera Barat

Tapi, berbeda dengan di Amerika Serikat. Anda tidak akan menemui tukang parkir yang menagih bayaran tiap Anda mengambil kendaraan. Ada beberapa alasan di Negeri Paman Sam tak ada tukang parkir.

Di sana jumlah kendaraannya lebih sedikit dari pada di Indonesia dan lahan parkirnya lebih luas. Berbeda dengan Indonesia yang memiliki jumlah kendaraan yang banyak namun lahan parkirnya sempit.

Masyarakat Amerika Serikat lebih suka menggunakan fasilitas umum atau jalan kaki ketika akan menuju ke suatu tempat. Seperti naik bus atau kereta cepat.

Mengutip jawaban Charles Bernando pada id.quora.com, ia menuliskan jika alasan tersebut terjadi karena di Amerika memberikan kemudahan untuk parkir. Tukang parkir di sana sudah tergantikan dengan parking gate dan parking meter.

 BACA JUGA:Tak Hanya Kejar Jumlah Turis, Sabang Fokus Tingkatkan Kualitas Pariwisata

Parking gate biasanya ada di tempat parkir di suatu tempat (off-street), seperti hotel, supermarket, mall, restaurant mewah, dan lain-lain. Parkir semacam ini sudah diatur kebijakannya dari pemilik lahan, ada yang gratis dan berbayar.

Jika parking gate tersebut berbayar, pengguna kendaraan hanya tinggal menuju pintu keluar untuk membayar biaya parkir padamesin yang tersedia.

Follow Berita Okezone di Google News

Untuk parkir di pinggir jalan (on-street) juga tidak membutuhkan tukang parkir. Karena perannya sudah diganti oleh parking meter, yaitu sebuah mesin yang akan mengeluarkan tiket dan harus anda taruh di dasboard kendaraan sebagai bukti anda berhak memarkirkan kendaran disitu.

Tiket ini berisi durasi jam parkir, jika lewat dari waktu yang ditentukan dan anda tidak memperpanjangnya lagi, anda bisa kena tilang pihak berwajib.

 Ilustrasi

Jika parkir di pinggir jalan dan tidak ada parking meter, anda tidak harus membayar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini