Share

10 Fakta Menarik Jepang Selain Rawan Gempa, Traveler Harus Tahu!

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Senin 05 Desember 2022 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 04 408 2720280 10-fakta-menarik-jepang-selain-rawan-gempa-traveler-harus-tahu-vJ3AjRupMF.jpg Jepang (Foto: Unsplash)

JEPANG memiliki sejuta pesona di mata turis dunia. Mulai dari spot wisatanya, budaya, kuliner, hingga berbagai macam kemajuan teknologinya. Tak heran, Jepang menjadi salah satu list wajib yang dikunjungi bagi para pelancong.

Nah, bagi Anda yang ingin berwisata ke Jepang atau sekedar penasaran, Anda perlu mengetahui sederet fakta dari Negeri Sakura ini sebagaimana dikutip dari Worldstrides sebagai berikut.

1. Terdiri dari ribuan pulau

Jepang terdiri dari 6.852 pulau. Pulau-pulau tersebut awalnya menempel di pantai timur Asia. Namun, adanya aktivitas tektonik akhirnya menyebabkan mereka terpisah, sehingga terciptalah Laut Jepang sekitar 15 juta tahun yang lalu.

 BACA JUGA:6 Alasan Kenapa Paris Disebut Kota Cinta dan Destinasi Paling Romantis di Dunia

2. Bahasa yang unik

Jepang memiliki urutan bahasa yang berbeda jika dibandingkan dengan bahasa Inggris. Alih-alih mengurutkan kalimat berdasarkan subjek-kata kerja-objek (contoh: saya menulis kata), bahasa Jepang justru memiliki urutan kalimat berupa subjek-objek-kata kerja (contoh: kata-kata saya menulis).

 Ilustrasi

Jepang

3. Ribuan rusa di sepanjang jalan

Di Jepang terdapat sebuah wilayah yang menjadi tempat ribuan Rusa berkeliaran, yakni di Nara. Rusa yang hidup di Taman Nara merupakan hewan liar yang telah ditetapkan sebagai harta karun alam Jepang.

Sekitar 1.300 rusa tinggal di taman ini. Rusa ini tidak dijinakkan, tetapi pengunjung dapat memberi makan mereka dengan kraker khusus rusa. Rusa yang baru lahir diperlihatkan kepada pengunjung setiap tahun pada bulan Juni.

 BACA JUGA:10 Destinasi Wisata di Eropa yang Jadi Lokasi Syuting Film Terbaik Dunia

4. Budaya Samurai

Samurai Jepang merupakan pejuang yang dikenal dalam sejarah dunia. Mereka menjalani gaya hidup yang keras. Dari budaya samurai ini menghasilkan beragam seni khas Jepang.

Dari abad ke-12 hingga runtuhnya feodalisme pada abad ke-19, samurai adalah kelas prajurit yang kuat di Jepang. Seorang samurai pada dasarnya memiliki lisensi untuk membunuh, dengan wewenang untuk menjatuhkan orang biasa yang membahayakan kehormatan mereka.

 

Ritual bunuh diri (dikenal sebagai seppuku) adalah praktik yang dihormati bagi seorang samurai yang membawa aib kepada tuannya.

5. Budaya membungkuk

Membungkuk adalah bentuk sapaan yang penting di Jepang, dan orang Jepang bekerja keras untuk melestarikannya dan terus menyempurnakannya. Makin rendah bentuk bungkuk tersebut bahkan bisa menunjukkan rasa hormat yang lebih besar.

6. Pakaian tradisional Kimono

Kimono merupakan pakaian tradisional Jepang yang dikenakan oleh pria dan wanita. Busana ini terdiri dari gaun seperti jubah panjang yang dililitkan di tubuh, dengan sisi kiri selalu menutupi sisi kanan. Obi adalah ikat pinggang yang menjaga keamanan kimono.

Follow Berita Okezone di Google News

7. Geisha wanita penghibur dan ikon Jepang

Geisha yang dikenal dengan gaya rambut rumit dan riasan putihnya, telah menjadi sosok penghibur di Jepang sejak abad ke-18. Lazimnya geisha kebanyakan dilakoni oleh wanita, meski segelintir pria juga bisa berkecimpung di dalamnya.

Seorang geisha harus mampu menguasai beberapa jenis seni, yang umumnya tarian tradisional Jepang, menyanyi, sastra, puisi, merangkai bunga, dan memainkan alat musik tradisional. Selain menghibur melalui seni, geisha juga harus memiliki pengetahuan umum yang luas.

8. Tatami, tikar tradisional Jepang

Tatami adalah sebuah tikar tradisional dari Jepang yang terbuat dari jerami padi dan sangat populer untuk digunakan pada rumah-rumah di Jepang.

Panjang tikar selalu dua kali lebarnya, dan ukurannya distandarisasi tergantung pada wilayahnya. Oleh karena itu, ukuran ruangan seringkali ditunjukkan dengan banyaknya tikar yang dibutuhkan untuk menutupi ruangan tersebut.

 Ilustrasi

9. Rumah bagi monyet salju

Jepang adalah rumah bagi monyet Jepang, atau monyet salju, yang hidup di iklim yang lebih dingin daripada primata lainnya.

Mereka kerap dijumpai di bagian selatan lembah Kota Nagano yang tenang.

Gerombolan kera Jepang tersebut turun dari gunung untuk menghangatkan diri di mata air panas. Sama halnya dengan manusia, mereka juga suka berendam dan di lokasi ini memberikan peluang kepada pengunjung untuk melihat dari dekat makhluk-makhluk yang biasanya sulit ditemui ini.

10. Surganya makanan laut

Pasar makanan laut terbesar di dunia adalah pasar ikan Tsukiji di Tokyo. Pasar ini mempekerjakan lebih dari 60.000 orang dan buka pada pukul 03.00 hampir setiap pagi. Di sana juga terkenal dengan lelang tuna grosirnya yang terkenal dan biasanya dimulai pada pukul lima pagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini