Share

Jangan Ditiru, Ini 10 Perilaku Bodoh Turis Mancanegara yang Bikin Kesal Warga Lokal!

Annastasya Rizqa, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2022 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 406 2720783 jangan-ditiru-ini-10-perilaku-bodoh-turis-mancanegara-yang-bikin-kesal-warga-lokal-A0K9qodIG6.JPG Turis berpose tak senonoh di depan kuil Buddha Wat Arun di Bangkok, Thailand (Foto: Getty Images via dailyo.in)

MENGULAS 10 perilaku bodoh turis mancanegara yang kadang bikin kesal warga lokal. Liburan memang menyenangkan. Tapi, sebelum berkunjung ke sebuah destinasi, ada baiknya pelancong memahami aturan-aturan lokal sehingga tidak membuat pelanggaran seenaknya.

Hal itu penting demi kenyamanan dan kemanan bersama. Meski begitu, masih banyak kejadian tak mengenakkan yang kerap kali dilakukan turis saat liburan. Bahkan perilaku tersebut bisa merugukan destinasi itu.

Berikut 10 perilaku turis mancanegara seperti dilansir dari Dailyo :

 BACA JUGA:10 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa dan Ketinggiannya, Pesonanya Memikat Wisatawan

1. Perusakan Patung Putri Duyung

Pertama ada perilaku turis tak mengenakan di Patung Putri Duyung di Kopenhagen, Denmark. Patung tersebut telah menjadi subyek vandalisme berkali-kali selama bertahun-tahun.

Patung putri duyung telah dipenggal, cacat, dicat semprot dengan 'Bebaskan Hong Kong' dan yang terbaru pada tahun 2020, dicat semprot dengan 'Ikan Rasis'.

2. Menghancurkan stalagmit batu kapur berusia 3.000 tahun

Pada tahun 2017, seorang turis Tiongkok mengunjungi sebuah gua di Tiongkok barat dan dengan sengaja menendang stalagmit, yang dibuat lebih dari 3.000 tahun, beberapa kali hingga hancur total.

Stalakmit setinggi 50 cm itu dilenyapkan dalam hitungan detik dan tertangkap kamera pengintai. Apa pun alasannya, pria itu sepertinya berhasil melakukannya.

 BACA JUGA:7 Oleh-Oleh Khas Israel yang Mengesankan bagi Wisatawan, Cocok Dibawa ke Tanah Air

3. Memotong telinga patung Pulau Paskah

Pada tahun 2003, seorang turis Finlandia berusia 25 tahun ditangkap setelah mematahkan sepotong patung kuno di Pulau Paskah. Pria itu rupanya ingin membawa pulang potongan patung Moai itu sebagai kenang-kenangan atas kunjungannya. Pastinya, Vincent van Gogh akan bangga.

 Ilustrasi

Pulau Paskah

4. Merusak Kuil Luxor Mesir Kuno

Seorang turis remaja dari Tiongkok menulis "Ding Jinhao ada di sini" di dinding kuil Mesir kuno Luxor pada tahun 2013. Insiden tersebut mendapat perhatian nasional hingga pemerintah Tiongkok mengeluarkan pengumuman publik secara nasional bagi warga negara yang bepergian ke luar negeri untuk menghormati tradisi tempat tersebut.

5. Merusak Fontana della Barcaccia yang terkenal di Piazza di Spagna

Selama pertandingan Piala Europa tahun 2015, sekelompok penggemar sepak bola Belanda yang mabuk membuat kekacauan di seluruh kota Roma. Alhasil, Fontana della Barcaccia, air mancur abad ke-17 yang bersejarah dirusak oleh para supporter.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Mengambil foto Bokong di Kuil Buddha Wat Arun di Bangkok

Pada tahun 2017, pasangan Amerika dan blogger perjalanan Instagram bernama, "Traveling Butts" ditangkap setelah memposting foto diri mereka di kuil Buddha yang terkenal, Wat Arun, di Bangkok, dengan pantat mereka digantung. Keduanya didenda dan diserahkan ke otoritas imigrasi.

7. Mencuci Bokong dengan Air Suci di Pura Beji di Bali

Dua influencer Instagram Ceko, Sabina Dolezalova dan Zdenek Slouka, memutuskan bahwa momen paling Instagrammable dari kunjungan mereka ke Kuil Beji di Indonesia pada tahun 2019 adalah mencuci pantat mereka dengan air suci kuil.

Duo ini menghadapi reaksi keras secara online, dan dipaksa melakukan permintaan maaf pada publik dan masyarakat setempat.

 Ilustrasi

8. Mendaki Piramida Agung Giza untuk Berpose Cabul

Pada tahun 2018, seorang fotografer Denmark bernama Andreas Hvid, memutuskan akan memanjat piramida dengan ketinggian 460 kaki dan memfilmkan dirinya berpura-pura berhubungan seks di puncak. Sayangnya kejadian ini tak lantas membuatnya malu dan menyesali perbuatannya.

9. Jatuh ke Gunung Vesuvius

Pada Juli 2022, seorang turis Amerika berusia 23 tahun jatuh ke Gunung Vesuvius di Italia, setelah sengaja menyimpang dari jalur yang telah ditentukan. Syukurlah, layanan darurat menyelamatkannya tak lama usai peristiwa itu dan korban mengalami luka-luka.

10. Mencuri Batu Bata dari Auschwitz dan Memberi Hormat ala Nazi

Satu lagi ada aksi seorang turis yang mencuri batu bata. Dua turis Hungaria langsung mengambil beberapa batu bata di kamp konsentrasi Nazi yang terkenal di Polandia.

Mereka didenda USD 400 dan satu tahun penjara dalam masa percobaan. Dalam insiden terpisah, seorang wanita tertangkap membuat salut Nazi dalam apa yang kemudian dia klaim sebagai "lelucon yang buruk" di Auscwhitz dan dituduh menghasut propaganda Nazi. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini