Share

Menguak Mitos Pantangan Mandi di Ranu Kumbolo, Danau Cantik di Gunung Semeru

Raden Yusuf Nayamenggala, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 406 2721595 menguak-mitos-pantangan-mandi-di-ranu-kumbolo-danau-cantik-di-gunung-semeru-nXqWF5jxMw.jpg Ranu Kumbolo, danau di kaki Gunung Semeru (Foto: Flickr/Adi Sunaryo)

GUNUNG Semeru di Jawa Timur sudah berstatus Awas atau Level IV setelah erupsi sejak Minggu 4 Desember 2022. Selama ini Gunung Semeru jadi salah satu destinasi wisata favorit bagi pencinta alam. Keindahan alam terutama Ranu Kumbolo jadi daya tarik utama.

Ranu Kumbolo adalah danau cantik di Gunung Semeru. Semenjak muncul dalam Film "5 cm", Ranu Kumbolo yang terletak dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru makin populer. Tapi, ada mitos seputar Ranu Kumbolo.

Ranu Kumbolo salah satu bagian dari rute termudah yang berasal dari Ranu Pani menuju puncak Gunung Semeru.

Para wisatawan biasanya datang untuk berkemah seraya menikmati keindahan danau. Tapi, siapa sangka, di balik keindahan danau tersebut, terdapat mitos yang perlu diketahui.

 

Air Ranu Kumbolo dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai air suci yang sering digunakan untuk prosesi ritual keagamaan.

Karena itu pula dibuat sejumlah pantangan adat seperti tidak boleh mencuci, mandi, dan semua kegiatan harus dilakukan dalam jarak sekitar 10 meter dari bibir danau, termasuk mendirikan tenda.

Namun, terkadang para wisatawan atau pendaki yang mayoritas dari luar tidak paham dengan aturan adat setempat. Pendaki kadang nekat mandi atau mencuci di Ranu Kumbolo, bahkan menggunakan sabun.

Follow Berita Okezone di Google News

Padahal masyarakat setempat sangat menjaga kesucian Ranu Kumbolo dari busa sabun, karena dianggap bisa mencemarkan air dan tidak bisa lagi diminum.

Tanjakan Cinta Ranu Kumbolo juga menyimpan mitos, yakni siapa saja yang terus berjalan naik sambil memikirkan pasangannya tanpa menoleh ke belakang, akan memiliki akhir cinta yang bahagia. Namun, bila menoleh ke belakang akan berakhir putus cinta.

 Ilustrasi

Kemudian di Danau Ranu Kumbolo dikabarkan terdapat banyak ikan mas, namun pengunjung dilarang menangkap atau memancingnya. Karena, masyarakat setempat meyakini bahwa ikan mas tersebut adalah jelmaan dari dewi yang ditugaskan untuk menjaga keindahan Ranu Kumbolo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini