Share

Kenaikan UMP 2023 Berdampak Positif Terhadap Konsumsi Pariwisata

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2022 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 406 2722500 kenaikan-ump-2023-berdampak-positif-terhadap-konsumsi-pariwisata-ATBdKlHfib.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (MPI/Aldhi Chandra)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2023 di sejumlah daerah akan berdampak positif terhadap konsumsi pariwisata, sekaligus mendukung perekonomian masyarakat.

"Kenaikan UMP masih dalam tahap penyesuaian. Namun, perlu disadari bahwa dari segi konsumsi, naiknya UMP ini akan menopang konsumsi terutama kebutuhan primer," kata Sandiaga dalam diskusi ‘Indonesia Market Outlook 2023’ digelar Sandilogi di VOffice Centennial Tower, Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2022).

 BACA JUGA:Sandiaga Uno Optimis Indonesia Terbebas dari Ancaman Resesi 2023!

Menariknya, pariwisata kini sudah masuk dalam kategori kebutuhan primer. Ini terbukti dari banyaknya generasi muda yang 'healing' pasca-pandemi. Tidak hanya setahun sekali, melainkan beberapa ada yang sebulan sekali.

"Jadi, ini yang menurut saya layak ditopang dengan kenaikan UMP," terang Mas Menteri.

 

Ia melanjutkan, namun saat ini Indonesia masih menghadapi inflasi akhir tahun yang mana komoditi pasar banyak yang naik harganya. Tapi, dengan strategi yang dimiliki pemerintah, inflasi bisa diatasi dan kenaikan UMP bisa dilakukan.

 BACA JUGA:Asyik! Jelang Libur Nataru, Sandiaga Uno Luncurkan 100 Paket Wisata Nusantara

"Jika UMP naik, konsumsi masyarakat pun naik, dan pada akhirnya bukan hanya pariwisata yang untung tapi produk ekonomi juga kena imbas positif. Dengan begitu, ekonomi akan bangkit dan menggeliat kembali," tambah Sandiaga Uno.

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini