Share

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Bandara Wamena Buka Penerbangan Ekstra Jelang Libur Nataru

Antara, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2022 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 406 2722893 antisipasi-lonjakan-penumpang-bandara-wamena-buka-penerbangan-ekstra-jelang-libur-nataru-kOZQGkvomT.JPG Bandara Wamena (Foto: ANTARA/Marius Frisson Yewun)

UNIT Pengelola Bandar Udara (UPBU) Wamena di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, mengizinkan adanya penerbangan ekstra bagi maskapai untuk mengantisipasi lonjakan penumpang mudik jelang Natal 2022.

Kepala UPBU Wamena, Faisal Marasabessy melalui pesan singkatnya di Wamena, Rabu, mengatakan izin diberikan mengingat jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), arus penumpang ke Wamena meningkat.

"Pesawat Wings yang tadinya terbang tiga kali sehari, kini menjadi empat kali sehari," katanya, mengutip laman Antara.

Infografis Bandara Instagramable

Ia pun memprediksi puncak lonjakan penumpang terjadi pada 15 hingga 25 Desember 2022, sebab sejumlah kabupaten di wilayah Pegunungan Papua seperti Jayawijaya, Lanny Jaya, Tolikara, Yalimo masih mengandalkan Bandara Wamena untuk aktivitas mudik.

Manajer Trigana Air Wamena, Michael Biduri mengatakan pihaknya telah mengantisipasi banyaknya penumpang yang berlibur jelang akhir tahun ini.

Ia berharap masyarakat tidak khawatir akan ketersediaan transportasi karena pihaknya mengoperasikan pesawat jenis Boeing yang memiliki daya angkut lebih banyak atau berbeda dengan menggunakan jenis ATR.

Follow Berita Okezone di Google News

"Untuk jadwal penerbangannya akan diatur lagi, sebab untuk saat ini ada hari di mana dilakukan tiga kali penerbangan, dan ada hari yang dua kali penerbangan. Kalau lonjakan penumpang ada, jadwal penerbangan yang hanya dua kali dalam sehari, kita bisa buat menjadi tiga kali sehari," katanya

Menurut Michael, setiap Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu, Trigana melayani tiga kali penerbangan. Namun, pada Selasa dan Kamis hanya dua kali penerbangan dalam sehari.

"Tapi juga ada penerbangan lain yang beroperasi seperti Wings Air dan Hercules dari TNI AU yang juga bisa dimanfaatkan oleh warga. Di mana tidak semua penumpang berlibur ke Jayapura. Kalau mungkin ke Biak, Merauke atau Timika bisa dari Wamena dengan Hercules," sebutnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini