Share

25 Tempat Wisata Yogyakarta Paling Mengagumkan, Tuan Rumah Hajatan Pernikahan Kaesang-Erina

Dita Mawanda, Jurnalis · Kamis 08 Desember 2022 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 408 2723020 25-tempat-wisata-yogyakarta-paling-mengagumkan-tuan-rumah-hajatan-pernikahan-kaesang-erina-AHQ0TYSMXg.JPG Obelix Village, wisata edukasi baru bernuansa pedesaan di Sleman, DIY (Foto: Obelix Village)

MENJELANG akhir tahun, mungkin sebagian dari Anda ada yang sudah mempersiapkan destinasi wisata dan ada yang masih bingung mau pergi ke mana.

Nah, rasanya tak perlu jauh-jauh pergi ke luar dari Indonesia karena tentu Anda tahu jika negara kita memiliki jutaan objek wisata yang sangat luar biasa.

Salah satunya Yogyakarta, Jawa Tengah ini memiliki banyak tempat wisata yang membuat Anda akan takjub dan tak ingin cepat-cepat pulang karena suasana nyaman dan indahnya. Yuk simak! Beberapa tempat wisata di Kota Yogyakarta yang wajib masuk ke list liburan Anda.

1. Wisata Kalibiru

Kalibiru, objek wisata ini ternyata sangat populer sebagai tempat hits mengabadikan pengalaman perjalanan Anda dengan background berupa jurang dan kota Yogyakarta. Selain itu, tempat ini menawarkan berbagai permainan seperti flying fox, sepeda, dan sebagainya.

Ya, wisata Kalibiru dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB yang beralamat di Jl. Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kab. Kulon Progo, Daerah Istiewa Yogyakarta.

2. Wisata Kaliadem

Selanjutnya, nikmati wisata Yogyakarta yang lokasinya dekat dengan Gunung Merapi. Anda bisa datang ke sini seraya belajar sejarah letusan Gunung Merapi dan berfoto ria dengan latar Gunung Merapi. Disarankan, ketika datang ke Kaliadem, sebelum pukul 12.00 siang dan setelah pukul 15.00 WIB karena cuaca di tengah hari cukup terik.

Kawasan wisata ini dibuka 24 jam yang berlokasi di Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Hutan Mangrove Kulon Progo

Area hutan mangrove satu ini berada di Dusun Pasir Mendit, Kulon Progo, kawasan konservasi yang sengaja dibuka untuk wisata serta edukasi.

Infografis Wisata Malam Yogyakarta

Berkunjung ke sini, Anda akan dimanjakan hamparan hutan mangrove. Tersedia banyak spot berfoto, salah satu spot favorit adalah replika menara Eiffel setinggi 10 meter hingga spot sepeda ontel.

Hutan mangrove ini dibuka 24 jam, berlokasi di Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta.

4. Air Terjun Kedung Pedut

Destinasi air ini merupakan salah satu wisata Yogyakarta terhits yang masih sangat asri karena berada di kawasan pedesaan. Nikmati wisata air terjun dengan suasana sejuk juga pemandangan yang cantik. Di sekitarannya, Anda bisa mencicipi hasil panen penduduk lokal, seperti durian. Tersedia pula gazebo, tempat ibadah, dan toilet.

Air Terjun Kedung Pedut dibuka pada pukul 08.00 – 16.00 WIB dan berada di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Ekowisata Taman Sungai Mudal

Wisata alam yang sesuai dengan namanya ini merupakan ekowisata yang bisa Anda nikmati keindahan alam setempatnya. Di sini, Anda akan menemukan air terjun dengan kolam eksotis, kolam pemandian khusus yang diperuntukkan untuk orang dewasa dan anak-anak hingga wahana lainnya, seperti flying fox, camping area, dan sebagainya.

Ekowisata ini dibuka pukul 08.00-16.00 WIB dan berlokasi di Banyunganti, Jatimulyo, Kec Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Tempat wisata yang satu ini adalah danau buatan dan hanya ditunjukan untuk irigasi masyarakat sekitarnya. Tetapi, sejak industri pariwisata Yogyakarta semakin berjaya, maka kawasan ini dibuka menjadi tempat wisata. Apalagi, Embung Nglanggeran Gunung Kidul memiliki banyak spot untuk dijadikan foto.

Operasional jam buka mulai 08.00 – 18.00 WIB, alamatnya di Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul Regency, Daerah Istimewa Yogyakarta.

7. Selopamioro Adventure Park

Kini wisata alam selanjutnya adalah Selopamioro Adventure Park, termasuk ekowisata yang menyajikan aneka wahana menantang dan bisa menguji adrenalin Anda.

Ya, nikmati keseruan rafting mendebarkan dengan tiga jenis pilihan, yaitu short, medium, dan long. Tersedia pula tempat perkemahan untuk bisa bersantai di sini.

Tempat yang dekat dengan alam ini buka dari pukul 07.00 – 21.00 WIB dan beralamat di Dusun Jetis, RT. 04, Dukuh 1, Selopamioro, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Infografis Wisata Favorit Yogyakarta

8. Gunung Api Purba

Cobalah datang melihat indahnya pegunungan di Gunung Api Purba yang berada di ketinggian 700 mdpl. Anda bisa mencapai ke puncaknya dengan durasi sekitar 1 – 1,5 jam. Area gunung ini menjadi kawasan ekowisata yang sering kali dijadikan sebagai tempat berkemah, apalagi pemandangan alamnya yang sangat menghipnotis.

Wisata ini dibuka 24 jam, alamatnya di 5G5V+F6V, Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

9. Pantai Indrayanti

Inilah salah satu pantai indah Yogyakarta dan menjadi pantai yang paling banyak dikunjungi. Sebelumnya, nama Pantai Indrayanti ini adalah Pantai Pulang Syawal karena sebenarnya nama Indrayanti itu nama pasangan suami istri pemilik restoran dan kafe di pantai tersebut. Masyarakat setempat pun, lebih mengenal dengan Pantai Indrayanti.

Pantai indah ini dibuka 24 jam, dan berlokasi di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Gunung Kidul.

10. Gumuk Pasir

Gumuk Pasir, salah satu tempat wisata Yogyakarta yang dikatakan cukup antimaninstream karena jarang dijumpai. Ya, padang pasir ala kota ini bisa digunakan sebagai tempat bermain sandboarding hingga berfoto.

Wisata berpasir ini dibuka mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB dan berada di Jl. Pantai Parangkusomo, Kawasan Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, Yogyakarta.

11. Teras Kaca Pantai Nguluran

Wisata kali ini masih berada di area pantai, Teras Kaca Pantai Nguluran. Destinasi yang sangat cocok untuk Anda melakukan uji nyali karena di sini terdapat teras dengan alas lantai dari kaca yang ditopang rangka besi.

Mungkin Anda butuh banyak keberanian untuk bisa berjalan di atasnya, serta jangan lupa melihat deburan ombak di balik kaca itu.

Waktu dibuka wisata ini mulai 09.00 – 17.00 WIB dan bertitik di Bolang, Girikarto, Panggang, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

12. Hutan Pinus Mangunan

Wisata hutan ini adalah spot wisata Yogyakarta yang kekinian sekaligus wisata alam sangat populer. Hutan Pinus Mangunan menawarkan fasilitas berkemah atau bersantai di atas hammock, selain itu tak ketinggalan spot foto serta beberapa kegiatan menarik lainnya yang bisa Anda coba.

Wisata Hutan Pinus Mangunan dibuka sejak pukul 09.00 – 17.00 WIB, alamatnya di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta.

13. Pinus Pengger Dlingo

Hutan pinus lainnya, dapat Anda temukan di Pinus Pengger Dlingo yang juga sangat hits karena mempunyai banyak spot foto pilihan sehingga sebagian besar pengunjungnya adalah remaja.

Latar belakang untuk berfoto ini dominan alam Yogyakarta, termasuk spot tangan raksasa yang dibuat dari ranting hingga spot sarang burung.

Area wisata ini dibuka dari pukul 08.00 – 21.00 WIB dan beralamat di Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Dlingo, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

14. Goa Pindul

Tempat wisata yang cocok bagi Anda penyuka kegiatan ekstrem atau olahraga air, datangi Goa Pindul. Di sini, Anda bisa melakukan raftif dengan menyusuri sungai sepanjang gua. Keunikan dari wisata ini, Anda bisa melihat pemandangan gua yang eksotik dengan panjang sekitar 350 m dan lebar 5 m.

Waktu buka wisata ini pada pukul 07.00 - 16.30 WIB dan berlokasi di Jl. Goa Pindul Gelaran 2, RT.03/RW. 16, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

15. Taman Pelangi

Taman di Yogyakarta yang satu ini sangat tepat jika Anda datang pada malam hari, ini karena spot wisata di kota Yogyakarta terlihat jelas sangat cantik.

Taman Pelangi memiliki keunikan, yakni ratusan lampion dipajang di sini sehingga menambah kecantikan suasana, ditambah saat mengabadikannya dengan kamera ponsel Anda.

Area wisata taman ini dibuka dari pukul 16.30 – 22.00 WIB, berlokasi di Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

16. Museum Ulten Sentalu

Objek wisata edukasi ini sebenarnya merupakan wisata lama, hanya saja keberadaannya ternyata masih menjadi favorit bagi para wisatawan. Di Museum Ulten Sentalu, Anda akan menemukan karya seni dari seniman-seniman Yogyakarta dan sangat cocok menjadi tujuan wista bagi keluarga dan anak-anak untuk belajar.

Museum ini dibuka mulai pukul 08.30 – 16.00 WIB, alamatnya di Jl. Boyong No. KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem. Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

17. Selfie Park Umbulharjo

Selfie Park Umbuljarjo merupakan tempat wisata bagi pecinta foto dan selfie. Jaraknya kurang lebih sekitar 10 menit dari Malioboro dengan kendaraan bermotor sehingga mudah dijangkau. Tempat ini sebenarnya bernama Taman Pule XT Square karena adanya banyak poho pule. Waktu terbaik untuk ke sini adalah pada malam hari.

Tempat wisata ini dibuka pukul 09.00 – 16.30 WIB dan beralamat di Jl. Veteran No. 150-151, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

18. The Lost World Castle

Wisata kekinian, ya, destinasi liburan yang sedang populer saat ini karena masih terbilang baru. The Lost World Castle menawarkan keindahan alam Gunung Merapi, banyak sekali spot foto menarik, mulai dari taman koboi, awan putih, sepeda motor terbang, hingga sayap bidadari yang cocok untuk background foto Anda.

Tempat wisata ini dibuka pada pukul 07.00 – 18.00 WIB (setiap hari), dan berada di Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

19. Taman Sari

Taman Sari, konon awalnya merupakan tempat pemandian bagi sultan dan para permaisurinya. Setelah lama tidak digunakan lagi, tempat ini menjadi lokasi wisata Yogyakarta yang banyak dikunjungi karena memiliki arsitektur unik.

Taman Sari dibuka pukul 09.00 – 15.00 WIB, berlokasi di Patehan, Kraton, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta.

20. Puncak Segoro

Destinasi liburan kali ini merupakan kawasan yang sering dijadikan sebagai lokasi hunting foto hingga pre-wedding karnea memiliki tampilan yang memukau. Puncak Segoro mempunyai latar belakang pemandangan laut leaps dengan deburan ombak sangat memesona. Disarankan untuk mengunjunginya pada pagi atau sore hari.

Puncak Segoro dibuka mulai 08.00 – 17.00 WIB dan berada di Wiloso, Girik.

21. Landasan Pacu Depok

Wisata yang cukup unik, tempat lintasan pesawat yang seirng kali dijadikan tempat liburan. Dari tempat ini, pelancong bisa menikmati pemandangan pantai Selatan yang ciamik, terutama untuk melihat matahari terbenam. Landasan Pacu Depok, juga sering kali dijadikan pasangan berfoto untuk pre-wedding.

Destinasi ini dibuka 24 jam dan berlokasi di Jl. Pantai Depok, Pantai Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

22. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi paling ikonik di Yogyakarta. Ya, candi ini masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, serta salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Anda tak ketinggalan untuk berfoto di spot instagramable di sini, juga untuk menjangkau dengan mudah gunakan bus Trans Jogja.

Wisata ini dibuka pada pukul 06.30 – 16.00 WIB, alamatnya di Jl.Raya Solo – Yogyakarta No. 166, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

23. Heha Sky New

Anda mencari tempat instagramable di Yogyakarata, kunjungi lah Heha Sky New yang menawarkan berbagai spot foto selfie dengan pemandangan gunung, dan alam Kota Pelajar yang sangat menakjubkan. Tempat ini merupakan tujuan wisata yang cocok untuk melihat matahari terbenam.

Heha Sky New dibuka pukl 10.00 – 21.00 WIB dan berada di Jalan Dlingo-Patuk No. 2, Patuk, Bukit, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

24. Obelix Hills

Ini lah destinasi wisata bukit dengan latar pemandangan alam yang menyejukkan dan paling sering dikunjungi pelancong, Obelix Hills. Anda bisa leluasa menikmati keindahan langit senja dari dataran bukit, berwisata ke sini akan membuat Anda betah berlama-lama di sini apalagi memiliki 30 spot foto pilihan.

Tempat ini dibuka pukul 10.00 – 22.00 WIB dan berlokasi di Klumprit, Blok 1 & 2, Wukirharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

25. Gua Jomblang

Destinasi terakhir ini adalah Gua Jomblang, tempat sangat hits di kalangan pelancong karena hasil foto di area ini sangatlah cantik. Gua ini sering kali disebut sebagai cahaya dari surga, karena letak gua di dalam lembah memiliki mulut gua yang ketika terkena cahaya matahari akan memantul ke dalam gua, lalu menciptakan pancaran cahaya terang.

Tertarik megnunjunginya, kawasan ini dibuka pada pukul 09.00 – 14.00 WIB dan berlokasi di Jetis, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta.

1
5

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini