Share

5 Tradisi Perayaan Tahun Baru Unik di Eropa, Hias Pohon hingga Lempar Piring ke Tembok

Kiki Oktaliani, Jurnalis · Selasa 27 Desember 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 26 406 2734315 5-tradisi-perayaan-tahun-baru-unik-di-eropa-hias-pohon-hingga-lempar-piring-ke-tembok-gE92Vr3OyU.jpg Tradisi makan anggur saat perayaan tahun baru di Spanyol (Foto: Parapalace.com)

TRADISI perayaan tahun baru biasanya selalu identik dengan kembang api. Namun, ada sejumlah wilayah merayakannya dengan unsur budaya dan tradisional yang memiliki makna dan arti tersendiri. Bahkan telah menjadi kebiasaan masyarakat di negara tersebut secara turun temurun.

Tak hanya menarik, tetapi perayaan tahun baru di negara-negara di Eropa ini terbilang unik.

Berikut ini adalah 5 tradisi perayaan tahun baru yang unik di Eropa.

1. Rusia – Menghias Pohon Cemara di Bawah Sungai Beku

Selama sekitar 25 tahun terakhir, sudah menjadi tradisi liburan orang-orang Rusia untuk menyelam ke dalam danau air tawat terbesar di dunia yang pada bagian atasnya beku. Para penyelam ini kemudian akan menghias pohon cemara di kedalaman lebih dari 100 kaki di bawah permukaan.

Ilustrasi

Ilustrasi

IlustrasiMeskipun suhu biasanya jauh di bawah titik beku di Rusia, pada Malam Tahun Baru, orang-orang melakukan perjalanan dari seluruh dunia untuk ikut serta dalam perayaan ini.

2. Prancis - Berdandan

Orang Prancis biasanya berdandan untuk merayakan Malam Tahun Baru. Bahkan ada ungkapan seperti ini: “se mettre sur son 31,” yang secara harfiah diterjemahkan menjadi, “berdandanlah di tanggal 31 Desember”.

Tentu saja, meskipun ini tidak wajib, mungkin hal ini adalah ide bagus untuk bertanya kepada siapa pun yang menjadi tuan rumah tempat Anda diundang untuk merayakan malam Tahun Baru.

Dalam hal makanan, hidangan Prancis yang paling umum untuk malam Tahun Baru adalah foie gras, makanan laut atau daging, ditemani sampanye dan anggur.

Tidak seperti negara lain di sekitar periode perayaan, orang Prancis juga merayakan malam pergantian Tahun Baru dengan berciuman di bawah tumbuhan yang disebut dengan mistletoe. Dimana secara historis, tradisi ini berasal dari Celtic berabad-abad tahun yang lalu, yang dipercaya akan membawa keberuntungan.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Spanyol – Makan Anggur

Bagi para penanam anggur, sebagai wujud rasa syukur akan berlimpahnya hasil kebun mereka, sejak satu abad yang lalu lahir tradisi yang sangat digemari oleh masyarakat Spanyol, dimana orang-orang Spanyol akan memetik buah anggur pada waktu pertengahan malam.

Masing-masing akan memetik anggur yang dikenal dengan istilah las doce uvas de la suerte (12 buah anggur keberuntungan) artinya memberikan keberuntungan selama satu bulan, jika berhasil menyelesaikan tantangan untuk memetik anggur tersebut berarti keberuntungan selama setahun penuh akan didapatnya.

Ilustrasi

4. Italia – Mengenakan Dalaman Merah

Orang Italia memiliki tradisi mengenakan pakaian dalam berwarna merah untuk merayakan tahun baru. Dalam budaya Italia, warna merah dikaitkan dengan kesuburan, sehingga orang memakainya di bawah pakaian mereka dengan harapan akan membantu mereka hamil di tahun mendatang.

5. Denmark - Lempar Piring ke Tembok

Perayaan tahun baru di Denmar sungguh unik. Masyarakat setempat punya tradisi memecahkan piring atau sejenisnya ke tembok maupunpintu. Mereka menganggap ini dapat membawa hoki alias keberuntungan.

Tradisi lain saat detik-detik pergantian tahun adalah orang-orang melompat dari kusi, sebagai tanda bahwa mereka telah masuk ke tahun baru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini