Share

Kenapa Orang Indonesia Kalau Bilang Sampai Jumpa Itu Dadah?

Cita Zenitha, Jurnalis · Jum'at 30 Desember 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 29 406 2736522 kenapa-orang-indonesia-kalau-bilang-sampai-jumpa-itu-dadah-ERTBqQcEuv.JPG Ilustrasi (Pexels)

KENAPA orang Indonesia kalau bilang sampai jumpa itu dadah sambil melambaikan tangan? Kata dadah dalam bahasa Indonesia tak lepas dari bahasa Belanda.

Orang Indonesia sejak dulu sudah terbiasa mengucapkan kata dadah ketika pamit bepergian. Lawan bicara juga akan mengatakan hal serupa sebagai balasan. Mengucapkan kata dadah sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia.

Arti kata dadah yang banyak orang ketahui adalah sampai jumpa, sampai bertemu lagi, atau selamat tinggal. Meski tidak semua orang Indonesia mengucapkan kata dadah saat berpisah.

Lantas kenapa orang Indonesia kalau bilang sampai jumpa itu dadah?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata dadah memiliki arti berbagai obat yang tersedia baik yang sudah terkemas atau siap pakai. KBBI juga mengartikan kata dadah sebagai kata untuk memberi salam pertemuan atau perpisahan.

 

Jadi KBBI mengartikan kata dadah dalam dua makna yang berbeda. Untuk makna ‘sampai jumpa’ orang Indonesia dapat mengatakan ‘dadah’ atau ‘dah’ saja. Ucapan dadah akan dilontarkan sambil melambaikan tangan kekanan dan kekiri di udara.

 BACA JUGA:7 Tempat Wisata di Bandung Cocok untuk Merayakan Tahun Baru 2023

Kata ‘dadah’ sendiri merupakan kata serapan dari Bahasa Belanda. Orang Belanda akan menggunakan kata ‘daag’ yang artinya ‘sampai jumpa’ atau ‘selamat tinggal’. Seiring berjalannya waktu kata ‘daag’ berubah menjadi ‘dadah’ dalam Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia sendiri bersifat fleksibel dan mampu menyerap berbagai bahasa asing. Kemudian menyesuaikannya dengan kaidah yang berlaku di Indonesia. Bahasa Belanda menjadi bahasa asing yang memberikan banyak serapan kedalam Bahasa Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

Hal itu tak lepas dari sejarah Belanda yang sudah menjajah Indonesia selama 350 tahun lamanya. Diperkirakan Belanda datang pada tahun 1602 dan menjadi bangsa yang terlama menjajah Indonesia.

Sehingga kedatangan Belanda membawa pengaruh besar pada Bahasa Indonesia. Komunikasi antara bangsa penjajah dengan orang Indonesia sangat erat. Sehingga orang Indonesia sudah tidak asing dengan Bahasa Belanda.

 Ilustrasi

Perubahan dan perkembangan bahasa di Indonesia dipengaruhi oleh kontak bahasa negara lain termasuk Bahasa Indonesia sendiri. Sehingga kata ‘daag’ dalam Bahasa Belanda berubah menjadi ‘dadah’.

Selain kata ‘dadah’, ada banyak kata serapan Bahasa Indonesia dari Bahasa Belanda. Misalnya ‘bioskop’ dalam Bahasa Indonesia berasal dari kata ‘bioscoop’ dalam Bahasa Belanda. Kemudian ada kata ‘dasi’ dari ‘das’, ‘gaji’ dari ‘gage’, ‘kamar’ dari ‘kamer’, dan masing banyak lagi.

Demikian alasan kenapa orang Indonesia kalau bilang sampai jumpa itu dadah.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini