Share

Anti-Modernisasi, 3 Suku Ini Hidup dengan Budaya Leluhur yang Terisolasi dari Dunia Luar

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 03 Januari 2023 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 02 406 2738800 anti-modernisasi-3-suku-ini-hidup-dengan-budaya-leluhur-yang-terisolasi-dari-dunia-luar-EFAGYHTbzY.jpg Penduduk Pulau Sentinel di Kepulauan Andaman, India (Foto: Allthebuzz)

MENGULAS 3 suku yang menolak modernisasi dan memilih bertahan hidup dengan terisolasi dari dunia luar. Mereka percaya bahwa memberi ruang bagi globalisasi sama saja mencemari budaya leluhur.

Tetapi bahkan dengan sikap tegas yang tidak ingin berurusan dengan dunia luar, mereka terus-menerus terancam oleh gangguan dari dunia luar tersebut.

Kadang-kadang, suku ini harus menggunakan tindakan kekerasan seperti menembakkan alat kasar ke udara untuk mengirim pesan yang jelas kepada penyusup.

 BACA JUGA:Sandiaga Uno Janji Bantu Promosikan Museum Subak sebagai Wisata Edukasi

Berikut 3 budaya paling terisolasi di dunia karena menolak modernisasi sebagaimana dilansir dari Pulse.ng :

1. Suku Papua Nugini

Kanibalisme dan perburuan adalah gaya hidup utama masyarakat di suku ini, meskipun beberapa suku lain bercocok tanam. Dikatakan bahwa lebih dari 30 suku terasing ditemukan di Papua Nugini; lebih banyak dari suku-suku ini belum ditemukan.

Seperti orang-orang terasing lainnya, orang-orang Papua yang terisolasi terus-menerus dihadapkan pada ancaman militer dan penambangan tanah mereka.

2. Suku Moxihatetema

Suku kecil yang berasal dari suku Yanomami. Mereka sangat terisolasi sehingga menolak untuk diasosiasikan dengan budaya lain dari suku Yanomami. Mereka juga menderita ancaman eksternal dari penambang emas ilegal dan agresi militer.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Suku Sentinel

Mereka ditemukan di Pulau Sentinel Utara di Samudera Hindia. Suku ini dikenal sebagai orang paling terisolasi di dunia.

Mereka adalah petani, pemburu dan nelayan;serta juga dikenal karena sifatnya yang sangat kejam, terutama bagi penyusup. Sebab, suku ini mungkin adalah orang-orang yang paling tidak berhubungan dengan kekerasan di dunia.

 Ilustrasi

Pada tahun 2018, suku Sentinel membuat berita pembunuhan seorang misionaris Amerika yang menyusup ke tanah mereka.

Ketakutan terbesar mereka adalah kolonisasi, yang akan menyebabkan masuknya penyakit dan infeksi yang tidak memiliki kekebalan terhadap mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini