Share

4 Fakta Menarik Basilika Santo Petrus, Tempat Peristirahatan Terakhir Paus Emeritus Benediktus XVI

Sri Latifah Nasution, Jurnalis · Senin 02 Januari 2023 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 02 408 2738423 4-fakta-menarik-basilika-santo-petrus-tempat-peristirahatan-terakhir-paus-emeritus-benediktus-xvi-eB1rwp5OOA.JPG Basilika Santo Petrus (Foto: Leszek Kozlowski)

UMAT Katolik di seluruh dunia tengah berduka atas meninggalnya mantan pemimpin Gereja Katolik, Paus Emeritus Benediktus XVI, pada Sabtu, 31 Desember 2022.

Diketahui Paus mengembuskan napas terakhirnya di Biara Mater Ecclesiae, Vatikan, pada usia 95 tahun, setelah beberapa hari terakhir kondisinya makin mengkhawatirkan.

Benediktus pernah menjadi pemimpin Gereja Katolik sedunia selama kurang dari delapan tahun, sebelum akhirnya mengundurkan diri pada tahun 2013. Pengunduran diri tersebut menjadi pengunduran diri paus yang pertama dalam kurun waktu 600 tahun terakhir.

Pemakaman Paus asal Jerman tersebut akan dilaksanakan pada 5 Januari 2023, di makam kepausan di bawah St Peter’s Basilica atau Basilika Santo Petrus, Vatikan.

Berikut beberapa sejumlah fakta tentang Basilika Santo Petrus, tempat Paus Emeritus Benediktus XVI akan dimakamkan;

Sejarah

Basilika Santo Petrus merupakan basilika utama Katolik di Kota Vatikan. Bangunan bergaya Renaisans dan Barok ini berdiri di atas area seluas 23 ribu kilometer persegi, dan diklaim sebagai gereja terbesar yang pernah ada, dengan panjang 192 meter, dan tinggi 132 meter.

Basilika Santo Petrus

(Foto: Michael Guldenpfennig)

Basilika pertama dibangun pada saat kepemimpinan Kaisar Kristen pertama Konstantinus I, sekitar tahun 325. Menurut informasi, untuk memberi ruang bagi pembangunan basilika, perlu dilakukan pemindahan lebih dari 40 ribu meter kubik tanah.

Konstantinus sendiri mengambil 12 keranjang tanah yang pertama dengan tangannya sendiri, sebagai bentuk penghormatan kepada setiap rasul.

1300 tahun kemudian, bangunan basilika lama mulai runtuh secara perlahan, dan karena itu Paus Nikolas V memerintahkan pembangunan basilika baru.

Meski perintah pembangunan sudah ada sejak Paus Nikolas V, namun, baru terealisasi saat masa jabatan Paus Julius II, sekitar tahun 1506.

Pembangunan Basilika memakan waktu hingga 120 tahun, dan dalam rentang waktu tersebut, sudah terjadi 22 kali pergantian paus, dari Paus Julius II hingga Paus Urbanus VIII, pada tahun 1626. Sementara pembangunan lapangan di depan basilika baru selesai 50 tahun kemudian.

Basilika Santo Petrus

(Foto: Ram Prashad Sharma)

Salah satu basilika kepausan terpenting

Basilika Santo Petrus termasuk ke dalam satu dari empat basilika penting kepausan. Tiga basilika lainnya adalah Basilika Agung Santo Yohanes Lateran, Basilika di San Paolo fuori le Mura, dan Basilica di Santa Maria Maggiore, yang bersama dengan Basilica di San Lorenzo le mura yang dikenal sebagai ‘lima basilika utama’ Roma. Semua basilika tersebut terhubung oleh Lima Tahta Patriark kuno dari dunia Kristen (Pentarki).

Follow Berita Okezone di Google News

Dirancang oleh arsitek dan seniman terkenal

Para arsitek dan seniman terkenal saat itu diminta turut serta dalam pengerjaan Basilika Santo Petrus. Mereka adalah Donato Bramante, Michelangelo, Antonia da Sangallo, Giacomo Barozzi da Vignola, Giacomo della Porta, Carlo Maderno, Gian Lorenzo Bernini, dan Carlo Fontana.

Bahkan, Pietà terkenal yang menggambarkan Bunda Maria menggendong jenazah Yesus merupakan karya dari Michelangelo sebagai bentuk sumbangannya terhadap pembangunan basilika.

Basilika Santo Petrus

(Foto: Max Blythe)

Saksi transisi kepausan pertama yang diliput secara global

Pada April 2005, untuk pertama kalinya dalam transisi kepausan, pemakaman Paus Yohanes Paulus II di Santo Petrus diliput dan disiarkan oleh beragam siaran televisi.

Sebanyak 115 kardinal juga hadir untuk memberikan suara dalam pemilihan Paus baru, yang akhirnya dimenangkan oleh Kardinal Jerman, Joseph Ratzinger sebagai Paus Benediktus XVI.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini