Share

Terungkap! Ini Alasan Kenapa Pramugari Pesawat Kebanyakan Perempuan

Cita Najma Zenitha, Jurnalis · Sabtu 07 Januari 2023 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 05 406 2740892 terungkap-ini-alasan-kenapa-pramugari-pesawat-kebanyakan-perempuan-dgC0t7N3Sn.jpg Pramugari Batik Air (Instagram @batikair)

MENGULAS alasan kenapa pramugari pesawat kebanyakan perempuan. Fenomena ini tidak lepas dari hak fundamental perempuan dalam dunia pekerjaan.

Penumpang pesawat terbang sudah tidak asing dengan keberadaan pramugari. Sebagian penumpang mungkin bertanya mengapa pramugari identik dengan perempuan. Apakah tidak ada pramugari laki-laki?

Dominasi perempuan dalam dunia penerbangan adalah fakta. Perusahaan terus mengiklankan bias gender ini dengan sangat jelas. Namun, ternyata ada alasan kenapa pramugari pesawat kebanyakan perempuan.

 BACA JUGA:Deretan Pose Menggoda Pramugari Detty Miami, Pamer Bodi Bahenol bak Gitar Spanyol

Dilansir dari Simple Flying, laki-laki awalnya lebih mendominasi pekerjaan sebagai pramugari pada tahun 1912. Heinrich Kubis adalah seorang pramugari laki-laki yang bekerja untuk maskapai penerbangan Jerman.

 

Pada masa itu, pramugari berperan penjaga keselamatan penumpang. Pramugari tidak melayani makan dan minum penumpang. Seiring perkembangan zaman, penerbangan terus menambah awak kabin.

Sekitar 18 tahun kemudian, dunia penerbangan dipenuhi oleh awak kabin perempuan. Seorang perempuan bernama Gereja Ellen menjadi salah satu pramugari pertama perempuan saat itu. Pada tahun 1930, Ellen bekerja untuk maskapai Boeing Air Transport.

 BACA JUGA:Intip Potret Kece Pramugari Ikram, Pemilik Mata Coklat yang Cantik Memikat

Ellen mendaftar sebagai perawat di pesawat. Sejak saat itu dunia penerbangan semakin membutuhkan peran perempuan. Banyak maskapai mencari awak kabin perempuan untuk bekerja sebagai perawat penumpang.

Stereotip perempuan bekerja sebagai pramugari semakin mengakar. Memasuki tahun 1900-an, maskapai menerapkan aturan ketat ketika merekrut awak kabin. Peraturan tersebut meliputi berat badan, usia, status, dan penampilan.

Follow Berita Okezone di Google News

Karakteristik pramugari mulai berkembang pada tahun 1900-an. Lebih dari 75% awak bakin suatu maskapai di Amerika Serikat adalah perempuan. Pada era tersebut, pekerjaan pramugari identik dengan pekerjaan glamor dan feminin.

Meski demikian ada alasan mengapa pramugari identik dengan pekerjaan perempuan. Marketing Mind merangkum alasan kenapa pramugari pesawat kebanyakan perempuan. Pertama karena mayoritas orang lebih mendengarkan perempuan daripada laki-laki.

 Ilustrasi

Perempuan juga dinilai sebagai pendengar yang baik dan memiliki keterampilan melayani. Selain itu, keberadaan wanita juga lebih menarik perhatian. Bobot ringan perempuan juga mempengaruhi alasan kenapa awal kabin mayoritas adalah perempuan.

Demikian alasan kenapa pramugari pesawat kebanyakan perempuan. Terimakasih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini