Share

Apakah Jakarta Lebih Besar dari Singapura? Simak Penjelasannya

Melati Pratiwi, Jurnalis · Rabu 11 Januari 2023 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 10 406 2743610 apakah-jakarta-lebih-besar-dari-singapura-simak-penjelasannya-og1mClAT8U.jpg Patung Merlion di Singapura (Foto: Wikipedia)

KOTA Jakarta dan Singapura jarak antara satu sama lain sekitar 884 kilometer dan hanya membutuhkan waktu 1 jam 50 menit dari Jakarta untuk bisa sampai ke Singapura.

Seringkali, luas wilayah Singapura dibandingkan dengan Jakarta. Pasalnya, meskipun berstatus sebagai sebuah negara, luas wilayah Singapura tak sebanding dengan Indonesia.

Tapi, manakah yang sebenarnya lebih luas, Singapura atau Jakarta?

 BACA JUGA:Bandung Juara, Ini 14 Kota Destinasi Wisata Favorit Turis di Indonesia Selama 2022

Luas Wilayah Beda Tipis

Jika ingin membandingkan lebih besar mana antara Singapura dan Jakarta, jawabannya adalah Negeri Singa. Mengutip dari nationsonline.org, Singapura memiliki area seluas 718 km².

 

Cukup kecil bukan untuk sebuah negara? Ya, Singapura juga disebut-sebut sebagai negara bagian terkecil di Asia Tenggara. Luasnya kira-kira hanya seperempat dari negara Luksemburg.

 BACA JUGA:Sangat Menantang, Ini 5 Destinasi Paling Ekstrem di Dunia Cocok Buat Uji Adrenalin!

Sementara itu, Jakarta memang lebih kecil dari Singapura, tapi tak begitu berbeda. Provinsi DKI Jakarta tercatat punya luas daratan 661.52 km².

Follow Berita Okezone di Google News

Meskipun Kota Jakarta maupun negara Singapura punya wilayah yang tak begitu luas, tapi keduanya punya keistimewaan masing-masing. Seperti misalnya saja, Jakarta ternyata punya lautan seluas 6.977, 5 km² dan tercatat ada kurang lebih 110 pula di Kepulauan Seribu.

 Ilustrasi

Sementara Singapura dengan jumlah populasi penduduk sebanyak 4 juta (di tahun 2020), negara tersebut dihuni oleh masyarakat dari berbagai ras seperti Tionghoa, India, Melayu, serta Eurasia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini