Share

Buta Warna Bisakah Jadi Pramugari? Simak Penjelasannya

Melati Pratiwi, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2023 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 11 406 2744099 buta-warna-bisakah-jadi-pramugari-simak-penjelasannya-KvdlWQQyzl.JPG Pramugari maskapai Emirates (Foto: Instagram/@emirates)

PRAMUGARI menjadi salah satu pekerjaan impian banyak orang. Tapi apakah semua bisa menjadi pramugari, termasuk pula yang mengidap buta warna?

Menjadi pramugari memang harus melalui tahap seleksi tertentu. Biasanya ada sederet persyaratan yang wajib dipenuhi jika seseorang ingin meraih pekerjaan tersebut.

Mengutip dari laman PSPP atau Pendidikan Staf Penerbangan dan Pramugari, setidaknya ada 12 syarat umum yang perlu diketahui sebelum menjadi pramugari.

Infografis Pramugari

Antara lain, usia minimal 17-22 tahun, memiliki tinggi minimal 160 cm (atau sesuai kebijakan maskapai), tidak berkacamata, bisa berbahasa Inggris, mampu berenang, serta tidak memiliki catatan tindak pidana berat. Lantas jika seseorang mengidap buta warna, apakah bisa jadi pramugari? jawabannya adalah tidak.

Alasan pramugari tidak boleh buta warna

Melansir dari situs lembagasekolahpenerbangan.com, ada alasan yang mendasari mengapa seorang pengidap buta warna tidak lolos menjadi pramugari.

Hal ini juga berkaitan dengan keselamatan seluruh penumpang maupun kru pesawat lain.

Follow Berita Okezone di Google News

Salah satu kejadian yang tak diinginkan adalah ketika pramugari kesulitan membedakan warna tombol. Seperti misalnya dalam keadaan darurat, dia harus menekan tombol merah, tapi karena keterbatasan buta warna, dia malah menekan tombol lain.

Infografis Pramugari

Ini tentu saja akan membuat geger kru pesawat lain. Itulah alasan pramugari atau awak kabin pada umumnya harus bebas dari buta warna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini