Share

Yuk Nikmati 6 Kuliner Lezat di Pecinan Glodok, Nomor 4 Kesukaan Gus Dur dan Megawati Soekarnoputri

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 16 Januari 2023 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 14 301 2746274 yuk-nikmati-6-kuliner-lezat-di-pecinan-glodok-nomor-4-kesukaan-gus-dur-dan-megawati-soekarnoputri-ivv1GUOcL5.jpeg Lokasi kuliner di Petak Enam, Glodok, Jakarta Barat. (Foto: MNC Portal Indonesia)

MENJELANG Tahun Baru Imlek 2023 cocok rasanya berwisata kuliner di kawasan pecinan Glodok, Jakarta Barat. Ada 6 makanan khas yang lezat patut dicicipi. Di antaranya ada kuliner kesukaan almarhum Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Sebagai kawasan pecinan, suasana Imlek di Glodok mulai terasa dengan beragam pernak-pernik yang khas. Glodok memang sebagai salah satu spot wisata kuliner legendaris di Ibu Kota.

Selain kuliner khas Tionghoa, ada juga makanan tradisional Nusantara yang dijual di sana.

Berikut 6 kuliner khas yang lezat bisa Anda nikmati di Glodok.

 BACA JUGA:Perbedaan Sate Maranggi dan Sate Madura, Kuliner Khas yang Nggak Ada Matinya!

1. Kopi Es Tak Kie

 

Kopi Es Tak Kie sangat legendaris. Sudah ada sejak 1927 dan cita rasanya sangat terjaga sehingga mampu bertahan sampai sekarang.

Menu yang ditawarkan Tak Kie cukup sederhana, yakni es kopi dengan rasa klasik dan tidak berubah dari dulu.

Jika dilihat, sekilas memang tidak ada yang berbeda dari minuman satu ini. Tapi sensasinya akan terasa jika Anda mulai menyeruputnya.

 Ilustrasi

Lokasinya ada di Jalan Pintu Besar Selatan III, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat. Sementara untuk jam operasionalnya adalah Senin – Kamis pukul 06.30 – 12.30 WIB dan Kamis – Minggu, pukul 06.30 – 14.00 WIB.

 BACA JUGA:5 Spot Kuliner di Bandung Cocok untuk Rayakan Natal Bersama Keluarga

2. Soto Afung

Tepatnya berlokasi di Jalan Pancoran, Gang Gloria, Glodok, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. Soto Afung namanya. Tempat ini menjadi salah satu kuliner legendaris di Jakarta karena sudah berdiri sejak 1982.

 Ilustrasi

Soto afung (Instagram)

Ciri khas dari soto ini adalah kuahnya yang kental juga gurih. Yaitu menggunakan tulang sumsum sapi asli, bukan minyak samin seperti kebanyakan olahan soto lainnya. Potongan dagingnya pun cukup besar dan tentunya halal.

3. Kari Lam

 

Kari Lam juga cukup terkenal sebagai kuliner halal di kawasan Pecinan, Glodok. Ada dua jenis kari yang jadi pilihan, yaitu ayam dan sapi. Jenis kuahnya lebih encer dari kebanyakan jenis kari lainnya. Tapi meski begitu, rasanya sangat lezat.

 

Kari Lam disebut-sebut sebagai sang legenda kari di Jakarta. Sajian terdiri dari daging ayam atau sapi, potongan kentang, hati lalu disiram kuah kari ini sungguh luar biasanya lezatnya. Rasanya tak pernah berubah sejak dulu.

Lokasinya berada di Jalan Pintu Besar Selatan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat. Biasanya banyak yang menyantap makanan ini saat jam makan siang.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Gado-gado Direksi

Gado-gado direksi salah satu favorit pengunjung di Glodok. Rasanya sangat lezat. Ini termasuk kuliner legendaris di Glodok karena sudah ada sejak 1967. Letaknya di Jalan Pintu Besar, Jakarta Barat.

Semasa hidupnya, Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur langganan mencicipi gado-gado direksi di Glodok. Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri juga sangat menyukainya makanan ini.

5. Nasi Ulam Betawi Haji Nana

Nasi ulam Betawi Haji Nana ini bisa Anda coba saat mampir ke Glodok. Kuliner ini termasuk makanan halal, berlokasi di Jalan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat atau lebih tepatnya di depan bank Mandiri karena tempatnya adalah jenis gerobakan kaki lima.

 Ilustrasi

Buka mulai pukul 3 sore hingga 9 malam. Selain halal nasi uduk ini terkenal dengan kenikmatannya, beserta toppingnya yang berlimpah lho seperti dendeng, perkedel, telur dadar, kerupuk, daun kemangi, taburan kacang tumbuk, serundeng, bawang goreng, sambal dan kuah spesial. Bisa juga ditambah lagi dengan rempeyek.

6. Cempedak Goreng Cik Lina

Setelah menikmati makanan berat, Anda bisa mencicipi makanan penutup yang rasanya begitu lezat. Cempedak goreng Cik Lina namanya, berlokasi di Taman Sari, Kota Jakarta Barat atau letaknya tak jauh dari Kari Lam.

Buah cempedak sekilas mirip dengan nangka, namun memiliki tekstur lebih lembut dan rasanya legit. Cempedak sendiri sudah jarang ditemukan di Jakarta. Kemudian Cik Lina mengolahnya menjadi camilan lezat, yaitu dengan cara digoreng dan dilumuri dan dibalut tepung yang sudah diencerkan.

Tekstur luarnya krispi. Tapi saat Anda menggigitnya, sensasi lembut dan legitnya cempedak akan bersatu di dalam mulut. Makanan ini bisa menjadi teman minum teh atau kopi, apalagi disantap ketika udara sedang dingin, cempedak goreng yang masih hangat tentunya cocok untuk disantap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini