Share

Menikmati Pesona Rammang-Rammang Maros, Pegunungan Karst Terbesar di Dunia

Kiki Oktaliani, Jurnalis · Selasa 17 Januari 2023 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 16 406 2747484 menikmati-pesona-rammang-rammang-maros-pegunungan-karst-terbesar-di-dunia-GhpaYXRy18.jpg Pegunungan Rammang-Rammang di Maros, Sulawesi Selatan. (Instagram @earthfocus)

RAMMANG-Rammang sudah menjadi ikon pariwisata Sulawesi Selatan. Gugusan pegunungan kapur atau karts yang terletak di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros ini menyajikan pemangan yang sangat spektakuler.

Pegunungan Rammang-Rammang bagian dari kawasan Geopark Maros-Pangkep yang sudah masuk dalam UNESCO Global Geopark sejak 2022. Rammang-Rammang merupakan pegunungan karst terbesar ketiga di dunia, setelah China dan Vietnam.

 BACA JUGA: Perjalanan Rammang-Rammang Menuju Ekowisata, Ini Sederet Faktanya

Rammang-Rammang berasal dari bahasa Bugis yang artinya awan atau kabut. Maklum kabut muncul setiap pagi terutama pada musim hujan di area pegunungan ini.

Pemandangan Rammang-Rammang sekilas mirip dengan karst di Krabi, Thailand. Yang berbeda adalah batuan karst di Maros berlokasi di tengah hamparan sawah dan Sungai Pute.

 

Untuk menikmati keindahan pegunungan karst ini, wisatawan bisa menggunakan jasa sewa perahu untuk menuju ke Kampung Berua. Harga sewa perahu bervariasi dan tergantung muatannya.

 BACA JUGA:Sandiaga Uno dan Atta Halilintar Telusuri Wisata Karst Rammang-Rammang di Sulsel

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disajikan pemandangan bukit-bukit karst yang menjulang tinggi nan kokoh. Serta tanaman bakau yang tumbuh di sepanjang sungai, membuat perjalanan semakin teduh dan asri.

Setibanya di kampung Berua, Anda akan dimanjakan dengan hamparan sawah berwarna hijau, serta pepohonan hijau yang tumbuh subur mengelilingi desa.

Follow Berita Okezone di Google News

Biaya sewa perahu

Untuk harga sewa perahu bervariatif. Harga sewa perahu untuk 1 hingga 4 orang dikenakan biaya sebesar Rp200.000 per perahu untuk pulang pergi. Untuk perahu dengan kapasitas 7 orang, adalah Rp250.000, dan untuk lebih dari 10 orang, Rp300.000.

Ketika Anda berkunjung ke kawasan ini, disarankan untuk memiliki kondisi badan yang prima. Karena objek wisata ini masih termasuk dalam bagian UNESCO Global Geopark, sehingga ada banyak sekali wisata lain yang dapat dijelajahi di kawasan tersebut.

 Ilustrasi

Selain itu, lebih baik untuk gunakan sepatu atau sandal gunung agar melakukan trekking lebih nyaman. Kondisi jalan setapak di sela-sela area sawah yang basah dan licin membuat wisatawan harus berhati-hati ketika melewatinya.

Wisata lainnya

Selain pemandangan indah dari bukit-bukit karst, beberapa wisata lain yang bisa Anda kunjungi di kawasan ini antara lain, Taman Hutan Batu Kapur, Kampung Berua, Telaga Bidadari, Sungai Pute, Gua Bulu Karaka, dan Gua Telapak Tangan.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini