Share

6 Wisata Cantik di Aceh Singkil, Daerah yang Diguncang Gempa M6,2

Najwa Avifah Octavia, Jurnalis · Senin 16 Januari 2023 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 16 408 2747166 6-wisata-cantik-di-aceh-singkil-daerah-yang-diguncang-gempa-m6-2-Xo0iXjoF8E.jpg Pulau Banyak, Aceh Singkil. (Instagram @exploretabagsel)

MENGENAL keindahan 6 tempat wisata di Aceh Singkil. Kabupaten paling ujung barat daya Provinsi Aceh yang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara ini diguncang gempa dengan magnitudo 6,2, pada Senin (16/1/2023) pukul 05.30 WIB.

Gempa berpusat di laut sekitar 47 kilometer arah tenggara Kabupaten Aceh Singkil dengan kedalaman 23 kilometer dan tidak berpotensi tsunami. Gempa ini sempat membuat warga sekitar panik.

Getaran lindu terasa ikut terasa sampai ke Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Tapanuli Tengah, dan Kabupaten Nias Utara di Sumatera Utara.

Tapi, tidak ada korban jiwa dalam gempa ini. Bahkan aktivitas masyarakat kembali normal.

Aceh Singkil punya keindahan alam luar biasa. Sebagian besar wilayahnya masuk dalam Taman Nasional Gunung Leuser yang terkenal sebagai paru-paru dunia. Kemudian sisi selatan berbatasan dengan Samudera Hindia.

Suaka Margasatwa Rawa Singkil yang merupakan hutan gambut terbesar besar di Sumatera sekaligus hutan terpadat populasi orangutan sumatera juga sungguh memesona.  

Ilustrasi

Rawa Singkil (SINDOnews/Ropi Rahendra)

Selain hutan yang indah, pantai eksotis, Aceh Singkil juga memiliki pulau-pulau cantik dalam gugusan Kepulauan Banyak. Pulau-pulau ini seperti permata tersembunyi dan masih sangat asri karena belum begitu banyak diexplore wisatawan.

Berikut 6 destinasi wisata populer di Aceh Singkil :

Pantai Amandangan

Pantai Amandangan terletak di Pulau Bangkaru, Aceh Singkil. Berada dalam gugusan Kepulauan Banyak, pantai ini sangat eksotis dengan hamparan pasir putih, batu karang hitam di tepian berpadu laut biru yang indah.

Pantai Amandangan adalah surga bagi peselancar karena ombaknya bisa mencapai 3-6 meter.

Walau terlihat menantang tentunya ombak di pantai ini sangat bersahabat,dapat melakukan snorkeling dan diving. Tak hanya itu, Anda juga dapat berjumpa dengan penyu di tepi pantai.

Pulau Malelo

Pulau Malelo di Aceh Singkil bak serpihan surga. Keindahan dan pesona alamnya mampu menghipnotis para pengunjung dan enggan untuk pulang.

Hamparan pasir putih berpadu dengan birunya air laut, membuat mata rileks dan merasakan kesegaran berbeda. Anda juga dapat melakukan snorkeling untuk melihat biota laut yang sangat indah di gugusan Kepulauan Banyak ini.

Pulau Tailana

Tak hanya Pulau Maleto, Pulau Tailana juga tak kalah indah alamnya. Pulau ini sangat cocok jika dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman untuk menghabiskan waktu bersama-sama.

Berbagai aktivitas dapat Anda lakukan di pulau ini seperti, olahraga snorkeling, diving, berselancar, dan kegiatan menarik lainnya. Pulau ini juga sangat cocok untuk melakukan potret prewedding, berlatar pulau yang indah dengan sinar sunset atau sunrise di bibir pulau.

Follow Berita Okezone di Google News

Air Terjun Lae Gecih

Usai melipir ke pulau, kini Anda harus mengunjungi Air Terjun Lae Gecih, terletak di Desa Pangkalan Sulampi, Kec. Suro, Kab. Aceh Singkil.

Air terjun ini memiliki pesona yang tidak biasa. Pemandangan alam yang sejuk mulai dari hijaunya pepohonan dan formasi batuan membuat keindahan air terjun ini tidak perlu diragukan lagi.

Danau Cingkam

Danau Cingkam terletak di Danau Bungara, Kecamatan Kota Baharu, Aceh Singkil. Danau ini memiliki keindahan alam yang memukau dan panorama alam indah, yang didominasi rerumputan dan dedaunan membuat udara semakin sejuk.

Ilustrasi

Walau terlihat sepi pengunjung, namun tak diragukan akan keindahannya. Tempat ini sangat cocok dikunjungi, saat Anda ingin menghabiskan waktu luang sendirian.

Waduk Si Anjo-Anjo

Waduk Si Anjo-Anjo menyuguhkan pemandangan khas pedesaan yang akan membuat mata dan hatimu terhipnotis seketika. Suasana yang tenang serta hembusan angin yang sejuk menjadikan daya tarik Waduk Si Anjo-Anjo.

Banyak masyarakat lokal yang akan menghabiskan waktu pada sore hari sambil menunggu adzan maghrib berkumandang.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini