Share

Cara Menikah dalam Suku Dayak, Ini 4 Tahapan Adat yang Harus Dilalui Calon Mampelai

Cita Najma Zenitha, Jurnalis · Kamis 19 Januari 2023 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 17 406 2748065 cara-menikah-dalam-suku-dayak-ini-4-tahapan-adat-yang-harus-dilalui-calon-mampelai-jX63VvNQ9z.jpg Perempuan suku Dayak. (Instagram @merlinlinlin08)

PERNIKAHAN dalam suku Dayak salah satu prosesi yang sakral. Ada sederet syarat dan adat yang harus dilakoni. Bahkan bisa-bisa pernikahan batal digelar jika syarat dan tahapan belum terpenuhi.

Pernikahan dalam suku Dayak memiliki berbagai macam prosesi tergantung rumpun dan daerah tempat tinggal.

Suku Dayak terbagi atas 6 rumpun yakni Rumpun Apokayan, Rumpun Klemantan, Rumpun Iban, Rumpun Ot Danum- Ngaju, Rumpun Murut, dan Rumpun Punan.

 BACA JUGA:Asal Usul Panglima Jilah, Pemimpin Pasukan Merah Suku Dayak yang Kebal Sakti Mandraguna

Dayak Ngaju merupakan salah satu sub suku Dayak. Mayoritas masyarakat Dayak Ngaju tinggal di Kalimantan Tengah. Mereka memiliki prosesi dan tahapan pernikahan yang unik.

Prosesi menikah masyarakat Dayak melewati beberapa tahap. Mulai dari persiapan sebelum hari H sampai upacara pernikahannya.

Ilustrasi

Wanita Dayak

Berikut adalah tahapan cara menikah dengan suku Dayak :

1. Hakumbang Auh

Tahap Hakumbang Auh secara umum sama dengan prosesi lamaran pada prosesi pernikahan lainnya. Keluarga pria akan memberikan uang pangumbang kepada calon pengantin wanita sebagai tanda keseriusan.

 BACA JUGA:Asal Usul Suku Tidung yang Ternyata Masih Kerabat Suku Dayak Kalimantan

Pemberian uang pangumbang bersifat rahasia dan hanya keluarga pria saja yang tahu. Tujuan untuk menjaga martabat keluarga pria jikalau keluarga pihak wanita menolak uang pangumbang.

Calon mempelai pria tidak memberikan uang pangumbang secara langsung. Tetapi, melalui utusan atau perantaranta.

 

2. Maja Misek (Pertemuan Kedua Keluarga)

Secara bahasa Maja memiliki arti bertemu atau bertandang. Sedangkan Misek secara bahasa artinya bertanya. Prosesi Maja Misek adalah tahapan dimakan keluarga calon mempelai pria mendatangi sang wanita.

Keluarga dari pihak pria membawa Paramun Pisek (persyaratan adat dalam melamar) untuk pihak wanita. Setelah ada kata sepakat, maka pihak pria akan memberikan Paramun Pisek. Adapun barang-barang Paramun Pisek meliputi kosmetik, pakaian, sepatu, dan lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Mamanggul atau Mamupuh (Pertunangan)

Setelah lamaran diterima, mempelai akan melewati tahap Mamanggul atau pertunangan. Keluarga calon mempelai pria datang membawa barang seserahan berupa untuk calon pengantin wanita.

Pada tahapan Mamanggul keluarga dari mempelai membahas tentang persiapan pernikahan. Mulai dari penentuan hari pernikahan hingga perjanjian pernikahan adat Dayak. Jika sudah ada kata sepakat, maka keduanya resmi bertunangan.

 Ilustrasi

4. Mengkomunikasikan Kembali Pernikahan dengan Pihak Wanita

Tahapan ini banyak terjadi sebelum majunya era telekomunikasi. Sehingga pihak keluarga pria bertemu dengan keluarga wanita untuk membicarakan ulah mengenai persiapan pernikahan.

Setelah tanggal disepakati, maka akan digelar upacara pernikahan.

Demikian tata cara menikah dengan suku Dayak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini