Share

Bali Siap Gelar 66 Event Pariwisata Sepanjang 2023, Yuk Intip Apa Saja!

Najwa Avifah Octavia, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2023 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 17 406 2748119 bali-siap-gelar-66-event-pariwisata-sepanjang-2023-yuk-intip-apa-saja-9tmLsR4l6J.jpg Tari kecak di Bali. (Foto: Uluwatukecakdance)

DINAS Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali sudah menyiapkan 66 kegiatan atau event pariwisata untuk digelar sepanjang tahun ini. Kegiatan tersebut sudah tersusun dalam Calendar Of Event (COE) 2023 dan akan terus dipromosikan lewat berbagai media untuk menarik kunjungan wisatawan.

Kadispar Bali Tjok Bagus Pemayun optimis akan banyak wisatawan berkunjung ke Bali untuk melihat event-event tersebut, terlebih setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut.

"Memang cakupannya (COE 2023) untuk promosi bahwa Bali memiliki berbagai event. Kami lihat momentum ini tepat setelah PPKM dicabut, jadi kalau di Bali ada event, wisatawan akan merencanakan bulan apa akan datang ke sini," kata dia di Denpasar seperti dilansir dari ANTARA, Rabu (18/1/2023).

 BACA JUGA:Tren Liburan Tanpa Rencana di Indonesia Naik 14 Persen, Bali Jadi Destinasi Favorit

Dalam Calendar Of Event 2023, Tjok Bagus telah menyusun kegiatan berdasarkan waktu pelaksanaannya, di mana seluruh kegiatan terdiri dari 51 event budaya, 13 event minat khusus atau sport dan 2 event MICE.

"Sebenarnya masih ada banyak event yang belum tercatat karena kurangnya informasi dari penyelenggara. Saya harap, ada informasi lebih awal dan lebih jelas terhadap pelaksanaan event-event yang ada di Bali, sehingga bisa kita promosikan bersama-sama sebagai bagian dari daya tarik pariwisata Bali," ujarnya.

 

Adapun upaya mengenalkan ke-66 event tersebut kepada wisatawan adalah melalui media elektronik, Tjok Bagus juga menyampaikan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan KBRI seluruh dunia.

"Kami sampaikan event ini melalui KBRI semua termasuk memanfaatkan 13 Vito. Vito adalah representatif dari Kemenparekraf, itu harus dimanfaatkan oleh dinas pariwisata provinsi seluruh Indonesia, dan kami Bali tentu memanfaatkan betul," kata dia.

 BACA JUGA:Kenapa Bule Lebih Suka Pergi ke Bali Ketimbang Jakarta? Simak 5 Alasannya

Untuk minat wisatawan mancanegara sendiri, diakui masih condong ke event budaya, karena Bali dikenal sebagai pariwisata bebasis budaya.

Namun, pejabat Pemprov Bali itu menyampaikan bahwa Gubernur Wayan Koster memberi arahan agar ke depannya selain budaya, wisatawan juga tertarik dengan wisata kesehatan dan kebugaran, MICE, dan olahraga.

Follow Berita Okezone di Google News

Tjok Bagus menyebut umumnya event yang masuk dalam daftar CEO 2023 merupakan kegiatan tahunan seperti Pesta Kesenian Bali, Denpasar Festival, Maybank Marathon dan Ubud Food Festival, namun ada pula kegiatan baru seperti Indonesia Time To Speak Up yang akan berlangsung Mei.

Tujuh dari 66 kegiatan dalam COE 2023 bahkan sebelumnya telah lolos dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Event tersebut antara lain Bali Spirit Festival, Pesta Kesenian Bali, Sanur Village Festival, Ubud Village Jazz Fesival, Pemuteran Bay Festival, Penglipuran Village Festival, dan Denpasar Festival.

 Ilustrasi

Kepala Dispar Bali itu berharap, dengan pertama kalinya dilakukan peresmian terhadap Calendar Of Event maka jumlah wisatawan 2023 dapat meningkat.

"Kita ketahui bersama di tahun 2022 event MICE dan budaya ini lah yang banyak memberikan kontribusi kepada pariwisata, baik tingkat hunian kamar maupun jumlah kunjungan wisatawan ke bali baik nasional maupun internasional," ujarnya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini