Share

Kenapa Sih Thailand Dijuluki Sebagai Negeri Gajah Putih?

Cita Najma Zenitha, Jurnalis · Sabtu 21 Januari 2023 01:15 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 19 406 2749627 kenapa-sih-thailand-dijuluki-sebagai-negeri-gajah-putih-SCsY3UEK0O.jpg Patung gajah Museum Erawan di Samut Prakan, Thailand. (Foto: CNN)

THAILAND disebut sebagai Negeri Gajah Putih. Dari mana asal usul julukan ini ditabalkan ke Thailand?

Saat melancong ke Thailand, pengunjung akan mendapati banyak sekali penangkaran gajah putih.

Gajah putih merupakan simbol negara Thailand. Sebab, keluarga kerajaan Thailand memiliki beberapa gajah putih bersih. Spesies gajah putih di Thailand berwarna sangat terang seperti gajah albino.

 BACA JUGA:Mengenal Sejarah dan Julukan Kota Tenggarong, Ibu Kota Kabupaten Kutai Kartanegara

Masyarakat Thailand menggunakan istilah Chang Samkhan yang artinya “gajah keberuntungan”. Gajah putih juga memiliki arti kemuliaan.

Kerajaan akan menangkap gajah putih dan merawatnya. Tetapi hanya gajah putih yang memiliki keberuntungan saja yang kerajaan rawat. Tidak semua gajah putih dianggap membawa keberuntungan.

 

Hanya gajah putih dengan kriteria tertentu saja yang mendapat predikat sebagai pembawa keberuntungan. Kerajaan akan memberikan gajah putih yang tidak memiliki keberuntungan kepada bawahannya.

Pemberian gajah putih kepada para bawahan sejatinya menimbulkan kerugian finansial. Gajah putih memerlukan pemeliharan perawatan ekstra sehingga biaya yang dikeluarkan cukup banyak

 BACA JUGA:Inilah Julukan Kota Banjarmasin, Tanah Kelahiran Pangeran Antasari

Gajah putih merupakan hewan mulia di Thailand sehingga tidak boleh dipekerjakan atau di bunuh. Mereka juga tidak memiliki pilihan selain menerima gajah putih dari sang raja. Sebab, menolak pemberian raja merupakan perilaku tidak sopan.

Orang kerajaan akan menilai berdasarkan beberapa aspek meliputi jari kaki, bulu mata, mata, langit-langit mulut, dan organ reproduksi juga harus ringan, dan perilaku gajah harus sesuai.

Follow Berita Okezone di Google News

Negara Thailand disebut negara Gajah putih tak lepas dari perang Siam-Burma yang terjadi pada 1563. Peperangan abad ke-17 itu pecah ketika Raja Chakkraphat, penguasa Thailand (Siam) menolak memberikan gajah putihnya kepada kerajaan Burma.

Kendati demikian, gajah putih sangat berarti bagi orang Thailand. Hewan sakral ini dapat membawa kekayaan dan keberuntungan. Hewan bergading ini juga melambangkan simbol ilahi juga kekuaktan dari kerajaan Thailand.

 Ilustrasi

Gajah putih juga memiliki andil besar dalam kelahiran Buddha. Tidak heran mengetahui Buddha menjadi agama mayoritas di Thailand. Mereka memasukan gajah putih sebagai hewan suci.

Untuk menghormati peran gajah putih, masyarakat Thailand menggelar festival Surin Elephant Roundup. Festival ini bertujuan untuk berterimakasih kepada satwa ini karena telah memberikan keberuntungan kepada negara Thailand.

Itulah kenapa Thailand disebut negara Gajah putih.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini