Share

Pesona Kim Tek Le, Klenteng Tertua di Jakarta yang Jadi Cagar Budaya

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 23 Januari 2023 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 20 408 2750151 pesona-kim-tek-le-klenteng-tertua-di-jakarta-yang-jadi-cagar-budaya-Nf5NluhxrL.jpg Klenteng Kim Tek Le di Patak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. (Foto: Okezone.com)

KIM Tek Le (De Yuan) atau disebut juga Vihara Dharma Bhakti merupakan klenteng tertua di Jakarta yang punya daya tarik wisata. Tempat ibadah di Petak Sembilan, Jalan Kemenangan III, Glodok, Jakarta Barat ini sudah berdiri sejak 1650 Masehi, jauh sebelum Indonesia merdeka.

Klenteng Kim Tek Le dibangun oleh Kwee Hoen, seorang letnan berkebangsaan China, untuk menghormati Dewi Kwan In.

 BACA JUGA:Klenteng Sam Poo Kong: Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Sebelum Perang Dunia II, kelenteng ini merupakan salah satu dari empat kelenteng besar yang berada di bawah pengelolaan Kong Koan, selain Kelenteng Kwan Im Tong, Kelenteng Ancol, dan Kelenteng Hian Thian Shang Te.

Di dalam klenteng ini terdapat berbagai macam patung-patung Buddha dengan berbagai ukuran.

 

Klenteng Kim Tek Le sudah dijadikan sebagai situs cagar budaya oleh Pemerintah DKI Jakarta karena memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Sampai sekarang Klenteng Kim Tek Le masih digunakan untuk beribadah, dan menjadi tempat diselenggarakan berbagai acara keagamaan masyarakat Tionghoa seperti Tahun Baru Imlek.

Terkadang warga Tionghoa juga menggunakan halaman klenteng ini untuk menggelar buka puasa bersama saat Ramadhan sebagai bentuk solidaritas kepada warga Muslim. 

 BACA JUGA:Pesona Klenteng Gondomanan Yogyakarta, Dibangun Tahun 1846 Loh!

Klenteng Kim Tek Le sempat terbakar pada 2015 sehingga beberapa area bangunannya tidak utuh seperti sebelumnya. Pasca-kebakaran, langsung direnovasi dan dipugar.

Selain tempat ibadah, Klenteng Kim Tek Le juga cocok buat wisata religi.

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini