Share

Penakut Jangan Lihat, Inilah 6 Patung Paling Menyeramkan di Dunia

Kiki Oktaliani, Jurnalis · Selasa 24 Januari 2023 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 406 2751183 penakut-jangan-lihat-inilah-6-patung-paling-menyeramkan-di-dunia-2cIl9bP2A1.JPG Patung di Gereja Saint George, Lukova, Republik Ceko (Foto: Mjaac)

TERKADANG seni itu indah, biasanya juga memenuhi kita dengan suatu harapan, kegembiraan, dan suatu kisah pembuatnya yang menarik. Salah satu bentuk seni ini diwujudkan dalam bentuk patung.

Di beberapa negara, ada seorang seniman yang membuat patung dengan tampilang yang seram bahkan terlihat seolah hidup. Berikut adalah 6 patung paling seram di dunia, yang menarik untuk kamu ketahui!

1. Laba-laba besar dari 'neraka'

Patung ini ada di Galeri Nasional Kanada, di Ottawa yang diberi nama Maman. Tingginya 9 meter, patung tersebut dipahat oleh seorang seniman bernama Louise Bourgeois dan menggunakan berbagai macam material untuk membuatnya, seperti kayu, lateks, marmer, perunggu, kain, dan lainnya.

Ukurannya yang sangat besar, rasanya tepat jika diberikan nama sebagai laba-laba dari neraka. Terutama bagi kamu yang takut dengan hewan satu ini, jangan coba-coba untuk mendekat karena bisa jadi hal itu bisa memicu mimpi buruk untukmu.

Patung Laba-Laba Raksasa
(Foto: DailyArt Magazine)

2. Patung hantu

Sebuah gereja bernama Saint George di Luková, Republik Ceko ini, tidak dijadikan sebagai tempat ibadat melainkan telah dihuni oleh patung-patung yang duduk manis di bangku di dalam gereja.

Patung-patung tersebut dibuat oleh para mahasiswa seni Jakub Hadrava dari gips yang kemudian dibungkus dengan kain putih. Ada yang dibuat dalam keadaan berdiri, ada pula yang tampak tertunduk di bangku gereja.

Warnanya yang kontras, dengan ukuran patung yang hampir sama dengan tubuh manusia, ditambah usia bangunan yang tua membuat patung-patung hantu ini terlihat seolah hidup.

3. Patung pemangsa bayi (baby eater)

Patung pemangsa bayi ini terletak di Bern, Swiss yang disebut juga dengan nama Kindlifresserbrunnen. Dibuat pada tahun 1546, oleh Hans Gieng menjadikan patung tersebut sebagai salah satu patung tertua di Bern.

Patung tersebut menggambarkan raksasa yang memangsa bayi-bayi tak berdaya dan melahap mereka satu persatu.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Patung bayi merangkak

Selain patung-patung para hantu, ada patung bayi merangkak yang ada di Praha, Republik Ceko.

Pada tahun 2000, seorang seniman bernama David Černy yang membuat sebuah karya kontroversial, yaitu 10 patung anak raksasa tanpa wajah dengan posisi merangkak, di sekitar menara stasiun TV ´i¸kov. Tak hanya di sekitar menara, seniman ini juga meletakkan karya menyeramkannya ini di Kampa Park.

Patung Bayi Merangkak

(Foto: Alamy)

5. Patung ibu perawan (the virgin mother)

Baik Verity maupun Virgin Mother memiliki ukuran besar dan keduanya hamil. Sesuai dengan namanya, patung ini menunjukkan seorang wanita yang sebagian tubuhnya dikuliti, dan terlihat jaringan otot hingga janin yang masih ada di dalam kandungan. Patung ini memiliki tinggi 10 meter, dan berat 13 ton dibangun di taman patung Yorkshire.

6. Patung raksasa yang ketakutan

Ada patung raksasa setinggi 70 kaki yang tertanam di dalam tanah, di Maryland, Amerika Serikat. Tangannya yang sangat besar menengadah ke atas, berusaha mati-matian untuk melepaskan dirinya. Ekspresi wajahnya ketakutan, dengan mulut yang terbuka lebar seolah-olah tengah meminta bantuan.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini