Share

Terungkap! Ternyata Ini Alasan Kenapa Banyak Janda di Sukabumi

Cita Zenitha, Jurnalis · Selasa 24 Januari 2023 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 406 2751243 terungkap-ternyata-ini-alasan-kenapa-banyak-janda-di-sukabumi-bVsrBqUoNT.JPG Ilustrasi (Foto: Pinterest)

ALASAN kenapa banyak janda di Sukabumi menarik untuk dikulik. Kasus perceraian di Sukabumi, Jawa Barat kebanyakan terjadi karena gugatan dari pihak wanita.

Sukabumi memang tidak termasuk ke dalam kota penyumbang angka perceraian terbesar di Jawa Barat.

Meski demikian, angka perceraian di Sukabumi juga cukup besar. Ribuan wanita menyandang status janda pada tahun 2022.

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 mencatat angka perceraian di Jawa Barat mencapai 98.088 kasus. Jawa Barat menyumbang menyumbang sebanyak 21,9% kasus perceraian nasional.

Mulai dari Januari sampai Desember 2021 Pengadilan Agama (PA) mencatat 1.029 perkara naik. Agus Wachyu selaku panitera Pengadilan Agama Kota Sukabumi menjelaskan perceraian di Sukabaik sebanyak 2 persen.

Infografis Janda

Pengadilan Agama (PA) hanya menangani perceraian umat beragama Islam. Sedangkan, masyarakat Sukabumi non-Islam mendatangi Pengadilan Negeri (PN) untuk mengurus perceraian.

Dari 1.029 perkara naik menjadi 1.065 perkara pada tahun 2022. Perceraian terjadi karena adanya perselisihan dalam rumah tangga. Pasangan suami istri (pasutri) mengajukan perceraian karena masalah ekonomi dan orang ketika.

Meski demikian, tidak semua perkara yang naik dikabulkan oleh hakim. Pengadilan akan melakukan mediasi kepada kedua belah pihak sebelum meresmikan perkara. Mediasi terus berlangsung sampai keduanya mencapai kata mufakat.

Follow Berita Okezone di Google News

Masalah ekonomi dan perselingkuhan menjadi faktor kenapa banyak janda di Sukabumi. Mayoritas wanita Sukabumi bekerja sebagai TKW di luar negeri. Kesulitan ekonomi membuat wanita Sukabumi mencari pekerjaan ke negara lainnya.

Mediasi tidak hanya membicarakan perilihat perceraian, tetapi juga harta gono-gini. Selain itu juga membahas hak asuh anak setelah perceraian. Namun, bila penggugat tidak ingin menarik gugatannya, maka PA akan mengabulkan gugatan tersebut.

Infografis Perceraian di Indonesia

Karena masalah ekonomi pertengkaran dalam rumah tangga tak terelakan. Apalagi jika tak kunjung mendapatkan jalan keluar. Perceraian menjadi salah satu jalan untuk mengakhiri hubungan.

Perselingkuhan juga menjadi alasan kenapa banyak janda di Sukabumi. Kasus perselingkuhan terjadi karena pihak wanita atau pria bertemu dengan orang ketiga.

Agus kembali menambahkan faktor usia pernikahan yang terlalu dini menjadi penyebab keretakan rumah tangga. Pada usia dini, emosi pasangan tentu belum stabil sehingga berujung perceraian.

Demikian informasi alasan kenapa banyak janda bertebaran di Sukabumi. Semoga informasi ini menambah wawasan Anda.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini