Share

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Staycation dengan Vacation!

Annastasya Rizqa, Jurnalis · Selasa 24 Januari 2023 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 406 2751374 jangan-keliru-ini-perbedaan-staycation-dengan-vacation-p4io9JZi1f.jpg Ilustrasi staycation. (Instagram @novusgiripuncak)

ZAMAN sekarang, istilah dan bahasa baru yang kerap digunakan sehari-hari semakin bertambah. Biasanya, istilah tersebut datang dari bahasa asing.

Termasuk tentang staycation dan vacation. Dua istilah yang berasal dari bahasa Inggris ini identik dengan liburan.

Meski terdengar hampir sama, staycation dan vacation memiliki makna yang berbeda. Penasaran apa perbedaan dari staycation dan vacation? Berikut informasinya.

 BACA JUGA:Tren Liburan Tanpa Rencana di Indonesia Naik 14 Persen, Bali Jadi Destinasi Favorit

Staycation

Staycation merupakan sambungan dari dua kosa kata bahasa Inggris yakni stay dan vacation. Vacation sendiri berarti liburan, sedangkan stay berarti menetap.

Jadi, staycation memiliki arti liburan yang menetap di satu tempat. Istilah ini mulai muncul di awal pandemi Covid-19 di mana masih banyak masyarakat yang ingin berlibur namun takut dengan paparan virus Corona.

 

Alhasil, mereka memutuskan staycation yang mana wisatawan tetap bisa menikmati liburan namun hanya menetap di penginapan atau pun hotel.

Selain itu, liburan ala staycation juga lebih ringan baik dari segi kegiatan maupun biaya. Sebab, jika memutuskan untuk staycation maka kamu akan lebih memilih menghabiskan waktu di penginapan. Tentunya hal tersebut cukup mengirit biaya ketimbang berencana mengunjungi sejumlah destinasi.

 BACA JUGA:Wajib Masuk Bucket List 2023, Ini Ide Liburan di 5 Destinasi Wisata Favorit Indonesia!

Vacation

Kebalikan dari staycation, vacation justru memiliki arti liburan yang sebenarnya. Vacation juga memiliki arti yang luas di mana kamu bisa saja berlibur ke destinasi wisata alam, dalam maupun luar negeri.

Bagi wisatawan yang aktif, vacation tentu menjadi opsi terbaik untuk mereka. Pasalnya, Anda benar-benar akan menikmati perjalanan liburan dan mengunjungi destinasi wisata yang diinginkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Berbeda dengan staycation, vacation justru memerluka persiapan yang lebih matang. Apalagi jika Anda memang niat untuk melakukan perjalanan jauh dan panjang.

Dari segi biaya pun, Anda perlu menyiapkan dana yang cukup saat vacation. Seperti menyiapkan akomodasi untuk penginapan, transportasi, masuk destinasi wisata dan sebagainya.

 Ilustrasi

Jika tetap ingin low budget saat vacation, Anda bisa melakukan liburan dengan konsep backpacker. Keseruan vacation tetap bisa didapat sekaligus tetap bisa mengirit pengeluaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini